Connect with us

HEADLINE

Rekam Sejarah Banjarbaru Dulu-Sekarang Hadir dalam Lorong Foto

Diterbitkan

pada

Pameran foto-foto sejarah Banjarbaru dalam Lorong Foto Banjarbaru Fair 2018. Foto : abdullah

Banjarbaru Fair 2018 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjarbaru menghadirkan banyak kegiatan, salah satunya pameran foto-foto sejarah Banjarbaru dalam Lorong Foto Banjarbaru Fair 2018.

Di dalam lorong foto ini anda bisa melihat beragam rekam gambar terkait Banjarbaru tempo dulu dan sekarang. Seperti perkembangan pembangunan wilayah Banjarbaru, tokoh Banjarbaru seperti H Idak sebagai tokoh tani, Dirk Andres Willem Van Der Pijl dan kameranya, dr Murdjani, pembangunan Lanud Syamsudin Noor dan lain-lain.

Di lorong foto ini kita juga bisa menyaksikan rekam gambar terkait sebuah tempat yang diambil dari titik yang sama namun dalam waktu yang berbeda, yang memperlihatkan kondisi atau suasana beberapa tahu silam dengan kondisi terbaru. Seperti perubahan yang terjadi di Sungai Kemuning yang sekarang dijadikan sebagai Kampung Pelangi di Banjarbaru.

Lorong foto ini merupakan pameran yang dilaksanakan oleh komunitas Banjarbaru Dalam Lensa (BDL). BDL mengumpulkan berbagai arsip terkait foto-foto tentang Banjarbaru, dan salah satunya mereka mengumpulkan arsip foto jepretan DAW Van Der Vijl dari pihak keluarga terkait Banjarbaru tempo dulu.



Admin BDL Abdurrahman Muda Sagala akrab disapa Bang Dul Sagala mengatakan, foto yang ditampilkan terkait Banjarbaru tempo dulu dan sekarang bertujuan untuk lebih mengenalkan kepada pengunjung terkait sejarah Banjarbaru.

“Di sini bisa dilihat perkembangan (Banjarbaru, red) seperti apa, membangun kesadaran masyarakat untuk mendokumentasikan kegiatan dan menggiatkan kembali untuk merekam semua yang ada di kota Banjarbaru dalam rangka lebih mencintai kota Banjarbaru,” katanya kepada Kanal Kalimantan, Sabtu (21/4).

Bang Dul Segala menambahkan, foto-foto pameran berasal dari berbagai sumber, ditujukan kepada generasi muda supaya mereka lebih tahu tentang sejarah kota Banjarbaru dengan lebih baik.

Dia menambahkan akan sebuah rencana untuk membuat sebuah tempat khusus untuk galeri terkait kota Banjarbaru gagasan oleh Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan.



“Rencana kemarin dari Wagub yang memang tokoh yang peduli dengan arsip dan sejarah Banjarbaru membuat tempat khusus galeri terkait Banjarbaru baik foto-foto ataupun benda-benda terkait sejarah Banajrbaru,” ucap Bang Dul.

Menurutnya, akan lebih bagus kalau Banjarbaru punya museum kota dengan tempat yang lebih representatif sehingga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata di Banjarbaru.

Bang Dul sedikit merasa kurang dengan stand yang mereka tempati karena tidak terlalu memadai sehingga tidak bisa untuk menampung foto atau benda lainnya untuk dipamerkan kepada para pengunjung Banjarbaru Fair 2018. (abdullah)

Reporter : Abdullah
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->