PLN Tanam 22.000 Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia 2018 - Kanal Kalimantan
Connect with us

PLN KALSELTENG

PLN Tanam 22.000 Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia 2018

Diterbitkan

pada

Aksi penanaman 22.000 pohon oleh PLN yang merupakan gerakan nasional memperingati HMPI Foto: istimewa

BANJARBARU, Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, PLN menanam 22.000 pohon di wilayah-wilayah operasional PLN, Rabu (28/11). Aksi ini dilakukan serentak oleh 22 unit kerja PLN se-Indonesia.

HMPI yang ditetapkan dalam Keppres RI No. 24 Tahun 2008 merupakan langkah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon. HMPI juga dilakukan sebagai wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan.

“Hari ini PLN kembali melakukan aksi tanam pohon sebagai upaya kami dalam menjalankan bisnis ketenagalistrikan yang berwawasan lingkungan. Ini merupakan misi kami,” ungkap General Manager PLN Kalselteng, Sudirman saat memberikan sambutan kegiatan Penanaman Pohon di Kawasan Hutan Hujan Tropika Kalimantan Selatan, Trikora, Rabu (28/11).

Sudirman menjelaskan, penanaman pohon oleh PLN merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli. Bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan ini bertujuan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi pemanasan global. Efek gas rumah kaca adalah penumpukan gas Karbon dioksida (CO2) pada atmosfer yang menyebabkan berlubangnya atmosfer.

Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektare hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton Oksigen (O2). Bertambahnya pohon akan menambah jumlah oksigen yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Menanam pohon juga dapat mengurangi abrasi pantai. Program penanaman pohon ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan karena kegiatan ini melibatkan stakeholder PLN.

“Pagi ini PLN Kalselteng menanam pohon sebanyak 1.200 pohon mahoni. Kami harap pohon yang kami tanam dapat tumbuh subur dan semakin menghijaukan kawasan ini sehingga dapat menjadi paru-paru Kalimantan Selatan, khususnya di wilayah Banjarbaru,” ujarnya.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Staf Khususnya, Ir. Rizal Akbar yang mengikuti langsung kegiatan penanaman pohon, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PLN Kalselteng atas inisiatifnya melakukan kegiatan penanaman pohon.

“Mewakili Bapak Gubernur, saya menyampaikan terima kasih, karena PLN Kalselteng telah berkontribusi nyata terhadap program Revolusi Hijau Gubernur Kalimantan Selatan. Kontribusi PLN ini kami harap dapat menjadi contoh budaya positif bagi masyarakat Kalimantan Selatan” ujarnya.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22.000 pohon di seluruh Indonesia ini sebesar Rp 3,19 miliar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

Aksi tanam pohon yang PLN lakukan dalam rangka HMPI 2018 ini merupakan kelanjutan dari aksi tanam pohon tahap I yang dilakukan pada 5 Juni 2018. Melibatkan 32 unit PLN se-Indonesia, PLN menanam total 34.000 pohon. Total dana yang dikeluarkan PLN Peduli pada Tahap I ini sebesar Rp 4,64 miliar.(rico)

Reporter:Rico
Editor:Cell

Bagikan berita ini!