Perpustakaan Palnam Direnovasi, Pinjam Buku Pindah ke Piere Tendean - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Perpustakaan Palnam Direnovasi, Pinjam Buku Pindah ke Piere Tendean

Diterbitkan

pada

Perpustakaan Palnam sedang direnovasi. Foto : mario

BANJARMASIN, Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel sedang direnovasi. Imbasnya, layanan peminjam buku terpaksa dialihkan sementara waktu.

Renovasi dilakukan karena kondisi beberapa bagian bangunan mulai mengalami kerusakan. Adapun layanan yang masih bisa dilakukan hanya pengembalian buku dan pembuatan kartu tanda anggota, serta ruang perpustakaan anak yang tetap buka.

Sementara layanan peminjaman buku, mulai Selasa 16 Oktober 2018 diarahkan ke Perpustakaan Dispersip Kalsel di Jalan Kapten Piere Tendean, seberang siring Menara Pandang, Banjarmasin.

Pemberitahuan pemindahana layanan peminjaman buku tersebut disampaikan Diseperip Kalsel untuk seluruh masyarakat yang ingin mengunjungi perpustkaan Palnam.

“Saat ini perpustakaan Palnam hanya melayani pengembalian buku dan pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA). Sedangkan untuk ruang baca diarahkan ke gazebo yang berada di kiri dan kanan perpustakaan Palnam serta di taman belakang,” ujar Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie.

Atas kondisi tak nyaman tersebut Kadspersip Kalsel meminta permohonan maaf kepada seluruh masyarakat atas ketidaknyamanan tersebut. “Ya, perbaikan harus dilakukan. Saya harap semuanya untuk bersabar sebentar,” ujarnya.

Saat ini para pekerja bangunan melakukan lembur agar renovasi ini berlangsung cepat, sehingga tidak ada lagi kendala yang dirasakan pengunjung Palnam. Ada pun bangunan yang direnovasi adalah lantai 1 bagian depan dan belakang, ruang layanan referensi di lantai 2, dan ruang layanan umum di lantai 3.

Terkait pemindahan layanan peminjaman buku ke perpustakaan Piere Tendean, salah pengunjung Nazula Rahma mengaku merasa kurang nyaman kalua layanan peminjaman buku di Palnam harus dipindahkan ke Piere Tendean.

“Pertama ruang baca tak senyaman di Palnam. Sarana dan prasarana serta koleksi buku tidak selengkap disini (Palnam),” akunya kepada Kanal Kalimantan. “Ditambah lagi bangunan di sana (Piere Tendean) sudah tua dan tidak ber-AC,” sambungnya.

Pengunjung lainnya, Rizani, seorang mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin, berharap renovasi bisa segera selesai, sehingga layanan peminjaman kembali seperti sedia kala. (mario)

Reporter : Mario
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan