Connect with us

PLN KALSELTENG

Perjuangan Teknisi PLN Atasi Gangguan Listrik Akibat Angin-Petir!

Diterbitkan

pada

Petugas teknis PLN Kalselteng sedang melakukan perbaikan jaringan kabel yang putus akibat terjangan angin kencang dan petir. Foto: istimewa

BANJARBARU, Cuaca tak bersahabat ditandai hujan, angin kencang, dan petir beberapa waktu terakhir menjadi tantangan bagi PLN Kalselteng. Khususnya menyangkut infrastruktur yang rawan mengalami kerusakan akibat pohon tumbang, hantaman petir dan lain sebagainya. Seperti kabel Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20.000 Volt di Jalan Sei Salak yang putus pada Rabu (2/1) pukul 16.03 Wita. Informasi awal dari warga terjadi bersamaan saat hujan disertai angin kencang dan petir.

Dampak akibat putusnya kabel tersebut, suplai listrik ke Saptamarga, Karange Rejo, Jl Sei Salak, Komplek Mekatani, Asrama Haji, Komplek BHP, Gt Harapan, Batu Besi, Gt Kuranji dan sekitarnya terputus.

Humas PLN Kalselteng Bayu Arsenda mengatakan, menyikapi kondisi tersebut tim teknisi PLN langsung tanggap melakukan perbaikan. “Setelah cuaca memenuhi parameter keamanan dan keselamatan, petugas layanan gangguan dari PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Banjarbaru turun ke lokasi untuk melakukan perbaikan,” ujarnya.

Untuk meminimalisir wilayah padam, pada saat petugas melakukan perbaikan PLN melakukan manuver suplai listrik. Sehingga pada pukul 17.16 Wita, beberapa daerah terdampak dapat menerima suplai listrik kembali.
Dengan dedikasi petugas layanan ganguan yang bekerja ekstra pada malam hari, akhirnya aliran listrik pun kembali normal sekitar pukul 21.00 Wita.

Kesigapan yang sama juga dilakukan saat PLN memulihkan tower PLN Kalselteng yang roboh setelah dihantam angin di Kelurahan Kelampangan, Kecamatan Sebangau, Palangkaraya, Kalteng, Jumat (2/11) silam. Tower tersebut merupakan Transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt. Upaya pemulihan ketika itu dilakukan PLN Kalselteng dengan mendirikan Tower Darurat yang akan digunakan sebagai pengganti SUTT 150 kV yang roboh. (rendy)

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares