Connect with us

Kabupaten Banjar

Penyebab Alfamart Ambruk Belum Bisa Dipastikan, Korban 6 Karyawan 7 Pengunjung

Diterbitkan

pada

Kapolres Banjar AKP Doni Hadi. Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Penyebab ambruk bangunan ruko tiga lantai Alfamart di Jalan A Yani Km 14 Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel, belum bisa dipastikan dan diketahui asal musababnya.

Seperti diketahui Alfamart yang ambruk itu menelan 4 korban jiwa dan 10 korban selamat masih dirawat di sejumlah rumah sakit, Selasa (19/4/2022).

Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Moch Rifai saat konferensi pers di Markas Polda Kalsel, Selasa (19/4/2022) siang, belum bisa mengidentikasi penyebab pasti ambruknya Ruko tersebut, karena masih dilakukan penyelidikan.

Diketahui pihaknya masih berpegang pada kesaksian dua orang warga yang mendengar bunyi bangunan retak sekitar 10 detik sebelum kejadian menimpa para karyawan dan pengunjung Alfamart Gambut itu.



 

 

Baca juga: Korban Terakhir Alfamart Ambruk Ditemukan, 10 Selamat 4 Tewas, Evakuasi Dihentikan

“Dari saksi awal menyatakan ada retakan selama 10 detik kemudian dibarengi dengan ambruknya bangunan secara tiba-tiba. Sehingga untuk penyebabnya kita masih mendalami penyelidikan dulu,” ungkapnya saat konferensi pers.

Sementara itu, Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi telah mengkonfirmasi sebanyak 6 pegawai Alfamart yang menjadi korban, 5 diantaranya dinyatakan selamat, dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Moch Rifai. Foto: wanda

“Kemudian dari pihak pengunjung yang kita temukan berjumlah 7 orang, dimana 4 di antaranya masih dalam kondisi sehat dan selamat, kemudian 3 orang meninggal dunia,” ungkap Kapolres Banjar, AKBP Doni Hadi kepada awak media, Selasa (19/4/22) siang.

Mengenai ada atau tidaknya korban tambahan, tim gabungan masih belum bisa memastikan. Namun, pihaknya akan terus melakukan proses pencarian untuk mengantisipasi bila terdapat korban yang tidak terdeteksi.

“Untuk estimasi pencarian selanjutnya kita akan kembali berkordinasi dengan Basarnas yang menentukan. Tetap dengan hasil kordinasi bersama Basarnas hingga saat ini kita tetap melaksanakan pencarian,” ungkapnya.

Polres Banjar juga telah berkomunikasi dengan Puslapko Mabes Polri meminta kedatangan ke tempat kejadian untuk memastikan penyebab runtuhnya bangunan ruko tiga lantai tersebut.

Baca juga: Manajemen Tanggung Biaya Pengobatan hingga Santunan Korban Alfamart Ambruk

“Terhadap penyebab keruntuhan tersebut pihak Polres Banjar telah berkomunikasi dengan Puslapko Mabes Polri meminta datang ke sini memastikan penyebab runtuhnya bangunan tersebut,” tegasnya.

Kepolisian mengimbau masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Gambut atau yang merasa sanak saudara tidak kembali dalam 1×24 jam, bisa melaporkan ke Polsek terdekat yaitu Polsek Gambut atau Polres Banjar.

“Untuk warga seputaran Gambut, jika merasa sanak saudaranya tidak kembali dalam 1×24 jam ini, dimohon untuk melaporkannya Polsek Gambut ataupun Polres Banjar. Sehingga kita akan berusaha membantu untuk mencarikan apakah masuk dalam salah satu korban di bangunan ruko yang ambruk tersebut,” tutupnya. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->