Connect with us

Kesehatan

Penting ! Anak-anak Harus Dibiasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Diterbitkan

pada

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani saat menghadiri peringatan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia di SDN 2 Landasan Ulin Utara. Foto : rico

BANJARBARU, Membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun berarti mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga hidup sehat sejak dini. Agar perilaku mencuci tangan menggunakan sabun dapat menjadi kebiasaan, minimal harus dilakukan selama 21 hari dengan konsisten dan disiplin.

Kondisi itu disampaikan Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani saat menghadiri peringatan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia serta Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SDN 2 Landasan Ulin Utara, Jalan Sukamaju Kelurahan Landasan Ulin Utara, Banjarbaru.

“Terutama setelah buang air, sebelum makan dan menghidangkan makanan, serta setelah memegang hewan atau benda kotor. Cuci tangan memang kerap kali dilupakan saat hendak makan atau seusai memegang benda, melalui acara ini diharapkan kita dapat membiasakan anak-anak kita untuk hidup sehat dimulai dari kebiasaan mencuci tangan pakai sabun,” beber Ririen

berpesan kepada para guru dan siswa SDN 02 Landasan Ulin Utara.

Untuk itu perlu dukungan dari semua pihak dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan yang lebih baik. Ririen Nadjmi Adhani mengingatkan akan pentingnya mencuci tangan memakai sabun, khususnya kepada anak-anak.

Terkait program Gemarikan, istri Walikota Banjarbaru ini mengatakan, Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI mempromosikan penggunaan pangan berbasis produk perikanan yang dikenal dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).


“Makanan yang akan kita konsumsi hendaknya bergizi tinggi dan dapat menyehatkan badan. Tidak harus yang mahal, makanan dengan gizi tinggi dapat kita peroleh dari ikan. Karena ikan mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti protein, mineral, asam amino dan terutama omega 3 yang tinggi,” jelasnya.

“Zat-zat tersebut dapat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak untuk membentuk generasi yang sehat, kuat dan cerdas,” sambungnya.

Mengingat manfaat makan ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, Ririen mengajak seluruh masyarakat kota Banjarbaru mulai dari anak-anak hingga yang dewasa untuk membiasakan makan ikan.

Saat berada di SDN 2 Landasan Ulin Utara, Ketua PKK Kota Banjarbaru didampingi Asisisten II Dra Hj Mahrina Noor MM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Siti Hamdah SP MT, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru drg Agus Widjaja, Kepala Dinas Dalduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru Ir Hj Puspa Kencana MP. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!