Pendampingan RKA-KL 2019, Satker Keimigrasian Kumpul di Banjarmasin - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Pendampingan RKA-KL 2019, Satker Keimigrasian Kumpul di Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Pendampingan penyusunan rencana kerja dan anggaran kementerian atau lembaga (RKA-KL) tahun anggaran 2019 Satuan Kerja (Satker) Keimigrasian tahap II wilayah tengah. Foto : istimewa

BANJARMASIN, Sekretaris Direktur Jenderal Imigrasi Lilik Bambang L membuka kegiatan pendampingan penyusunan rencana kerja dan anggaran kementerian atau lembaga (RKA-KL) tahun anggaran 2019 Satuan Kerja (Satker) Keimigrasian tahap II wilayah tengah, Senin (13/8) malam, di Hotel Golden Tulip Galaxy Banjarmasin.

Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie diwakili Sesdirjen Imigrasi Lilik Bambang L menyampaikan, adanya Keputusan Menteri Keuangan Nomor 519 Tahun 2018 tentang Persetujuan Penggunaan Sebagian Dana PNBP pada Direktorat Jenderal Imigrasi sebesar 79,18%, sehingga penambahan penggunaan PNBP sebesar sekitar Rp 161 miliar.

“Ini merupakan prestasi sebagai upaya Direktorat Jenderal Imigrasi yang mengusulkan penambahan izin penggunaaan PNBP lebih besar lagi akibat hilangnya PNBP kita sebesar hampir Rp 1,2 triliun atau 32% disebabkan Perpres Nomor 21 Tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan,” beber Lilik Bambang L. Namun ada konsekuensi tersendiri yaitu perubahan dan penambahan kembali dari penyusunan pagu anggaran yang telah dibuat.

Lilik Bambang L mengingatkan kepada Kepala Divisi Keimigrasian untuk lebih mengambil peran sebagai supervisi satuan kerja Imigrasi di wilayah sejak tahap perencanaan kegiatan dan anggaran.

“Kepala Satker Imigrasi di wilayah untuk lebih jeli mengidentifikasi kebutuhan anggaran pelaksanaan tugas fungsinya dan tetap mengimplementasikan norma penganggaran yang efektif, efisien, dan akuntabel,” katanya.

Selain itu, peran aktif seluruh pimpinan pada Divisi Keimigrasian dan satuan kerja Imigrasi selama waktu penyusunan rencana kerja dan anggaran menjadi tolak ukur pula keberhasilan pelaksanaan pencapaian target kinerja dan penyerapan anggaran yang direncanakan.

“Keberhasilan bukan hanya tercermin dari tingginya persentase penyerapan anggaran, tetapi tercapainya target kinerja pada manfaat yang dirasakan masyarakat dan semakin rendahnya frekuensi revisi anggaran,” jelasnya.

Kepala Bagian Program dan Pelaporan Ditjen Imigrasi Eko Budianto menyampaikan kegiatan Pendampingan Penyusunan RKA-K/L TA 2019 tahap II ini dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan pengetahuan sekaligus pemahaman yang sama dan sinergis antara Unit Pelaksana Teknis Imigrasi di tingkat wilayah yang terdiri dari Divisi Keimigrasian, Kantor Imigrasi, dan Rumah Detensi Imigrasi.

Peserta 198 orang terdiri dari para Pejabat Tinggi Pratama, Kepala UPT Imigrasi dan Rudenim, serta Operator RKA-KL berasal dari Divisi Administrasi, Kantor Imigrasi dan Rumah Detensi Imigrasi pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari 13-16 Agustus 2018 di Hotel Golden Tulip Galaxy. Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 13 orang, Kepala Kantor Imigrasi dan Kepala Rumah Detensi Imigrasi sebanyak 48 orang, Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Imigrasi sebanyak 49 orang, Kepala Sub Bagian Penyusun Program Kantor Wilayah sebanyak 8 orang, Operator Divisi Keimigrasian dan UPT Imigrasi sebanyak 63 orang, peserta mandiri dari UPT Imigrsi sebanyak 17 orang. (rico)

Reporter:Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan