Pencuri Kotak Amal Terekam CCTV Diringkus, Pelaku Sama di Dua Masjid di Banjarmasin - Kanal Kalimantan
Connect with us

Hukum

Pencuri Kotak Amal Terekam CCTV Diringkus, Pelaku Sama di Dua Masjid di Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Rudi Irawan alias Rudi (35) warga Komplek Herlina Perkasa, Sungai Andai, saat melakukan aksi mencuri kotak amal di Masjid Nurul Muhajirin. Foto : polsek banjarbaru barat

BANJARBARU, Terekam CCTV detik-detik seorang pria mencuri kotak amal di Masjid Nurul Muhajirin, Jalan A Yani Km 30,5 Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, akhirnya pelaku berhasil diringkus Polsek Banjarbaru Barat, Selasa (7/8).

Tersangka diketahui bernama Rudi Irawan alias Rudi (35) warga Komplek Herlina Perkasa, Jalan Kemiri RT 68 No 13 Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Aksi Rudi itu terjadi pada Senin (6/8) sekitar pukul 09.30 Wita, mengenakan pakaian serba hitam dirinya melenggang masuk ke dalam Masjid Nurul Muhajirin. Terlihat tersangka awalnya masuk langsung ke masjid, langsung ‘menghajar’ kotak amal masjid warna hijau sambil mengamati sekitar.

Merasa cukup aman, Rudi langsung mengangkat kotak amal yang berada di samping pilar masjid dan mengangkutnya ke atas motor.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya melalui Kapolsek Banjarbaru Barat Kompol H. Syaiful Bob SAP mengungkapkan, meski tersangka dalam rekaman CCTV masjid terlihat pakai motor, namun nomor polisi yang dipakai menggunakan plat palsu.

“Motor pelaku itu Yamaha Jupiter MX, setelah dilacak ternyata palsu. Nopol palsu DA 4258 SJ itu, atas nama Budiansyah warga Kaca Piring Besar, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah, motor merk Suzuki,” ucapnya.

Atas peristiwa tersebut diperkirakan Rudi meraup keuntungan sebanyak Rp 200 ribu, karena beberapa hari lalu isi kotak amal sudah diambil pengurus. Meski tidak banyak merugikan, tentu hal ini membuat masyarakat resah atas aksi Rudi tersebut.

Polsek Banjarbaru Barat dengan cepat melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang memiliki ciri-ciri kepala botak tersebut. Dipimpin Langsung Kapolsek Banjarbaru Barat Kompol H Syaiful Bob, Panit 2 Reskrim Aiptu Kardi Gunadi, serta Unit Reskrim dan Intelkam melakukan penangkapan tersangka di kediamannya.

Berhasil ditangkap, dari tangan Rudi polisi mengamankan barang bukti helm, sepeda motor, jacket, tas, palu dan uang sisa pencurian berjumlah Rp 800.000 yang diamankan di rumah pelaku untuk dibawa ke Mapolsek Banjarbaru Barat.

Sementara barang bukti kotak amal yang dicurinya ditemukan di semak-semak pinggir jalan Gubernur Syarkawi Bundaran Km 17 Kabupaten Banjar.

Dari hasil interogasi, ternyata aksi pencurian kotak amal tidak hanya sekali dilakukan Rudi. Sebelumnya Rudi juga melakukan aksi pencurian di dua masjid berbeda di kota Banjarmasin.

“Pelaku mengakui juga melakukan pencurian di masjid yang ada di Jalan Pemurus Dalam Banjarmasin Selatan dan masjid di Jalan Belitung Banjarmasin,” ungkap Kapolsek Banjarbaru Barat. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share