Connect with us

Kab. HSU

Pemkab Gelar Pra Musrenbang Tingkat Kecamatan Haur Gading

Diterbitkan

pada

Pra Musrenbang yang digelar di Kecamatan Haur Gading Foto: istimewa

AMUNTAI, Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan kegiatan Pra Musrenbang Tingkat Kecamatan Haur Gading RKPD Tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Haur Gading, Kamis (10/1). Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Haur Gading, Ketua DPRD Kabupaten HSU, Kepala Bappelitbang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala SKPD, Kepala UPT, Kapolsek dan Danramil.

Camat Haur Gading Drs M Syarif F Noor M.Si menyampaikan, masalah yang menjadi perhatian pada musyawarah kali ini yaitu tingkat kemiskinan, pendidikan, bidang kesehatan, dan tentunya hal tersebut didukung oleh sarana prasarana.

“Berdasarkan data ada sekitar 5.000 keluarga, sebanyak 3500 di antaranya masih tergolong keluarga miskin. Jadi ini yang perlu kita pikirkan bersama-sama untuk mengurangi tingkat kemiskinan karena masih ada 1.500 atau 25% keluarga yang tergolong miskin,” ungkapnya.

Di sisi lain, Musrenbang ini diharapkan bisa lebih mendongkrak pendidikan sudah tersedia dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. “Prioritas kita adalah Mutu dan profesionalisme di tingkat pendidikan, salah satunya dengan meningkatkan sarana dan prasarana di bidang pendidikan,” tambahnya.

Dan tak kalah penting, adalah masalah kesehatan dimana saat ini sudah tersedia Puskesmas di Kecamatan, Puskesdes di desa, Posyandu. Semua diharapkan lebih meningkatkan kualitas kesehatan dengan pembedayaan masyarakat di bidang kesehatan dan lebih meningkatkan lagi kinerja petugas kesehatan di Puskesmas,” pungkas Syarif.

Sementara itu, Ketua DPRD HSU H Sahrujani sangat mengapreasiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut karena sangat mendukung program pemerintahan dalam menjalankan infrastruktur dari segi ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

“Perencanaan yang bagus insyaallah akan menghasilkan pencapaian yang maksimal. Pada hari ini kita bisa melaksanakan kegiatan yang sangat penting dalam proses perencanaan pembangunan di desa kita. Musrenbang ini merupakan lanjutan kegiatan musyawarah desa. Kami sudah berkeliling di 47 Desa di Kabupaten HSU. Tujuannya agar pembangunan desa sesuai dengan harapan,” katanya.

Ia juga mengatakan, dukungan dari pemerintah lewat dana desa diharapkan bisa sebagai pemicu agar desa bisa memiliki pendapatam tersendiri. Kemudian ada dukungan lain seperti koperasi dan pemberdayaan sumber daya alam.

Usulan perencanaan pembangunan tahun 2020 dari seluruh desa di Kecamatan Haur Gading ada 80 kegiatan. Dengan prioritas daerah berupa pengembangan wilayah, tata ruang, dan lingkungan hidup, dengan Pagu berjumlah Rp 83.436.000.000.

“Secara umum prioritas daerah adalah bidang ekonomi, bidang sosial budaya, dan bidang infrastruktur. Output kita adalah tercapainya segala kegiatan dengan seleksi terlebih dahulu untuk dijadikan prioritas. Usahakan kegiata yang dilakukan adalah pembangunan lintas desa, tapi kalau pembangunan jembatan, jalan itu sudah menjadi kewenangan Kabupaten. Setiap usulan harus sejalan dengan kegiatan di Kabupaten.” Kata Plt. Kepala Bapelitbang HM Haridi.(tim)

Reporter:Tim
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
Advertisement