Connect with us

Kabupaten Banjar

Pembersihan Tuntas, Besok Irigasi Riam Kanan Dialiri Air

Diterbitkan

pada

Saluran air irigasi Riam Kanan yang masih sedang dibersihkan, Rabu (27/2). Foto : rico

MARTAPURA, Pengeringan dan pemeliharaan total saluran primer irigasi Riam Kanan sepanjang 24,5 Km akhirnya rampung. Rencananya, Kamis (28/2) sore, air dari bendungan Irigasi Riam Kanan, di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar akan mulai dialirkan.

Dari pantauan Kanalkalimantam.com sejumlah petugas terlihat sedang mengaruk lumpur yang ada di irigasi tepatnya di Desa Bincau, Kecamatan Martapura , Kabupaten Banjar.

Herry Ade Pemana ST, PPK Daerah Irigasi Riam Kanan, Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Prov Kalsel saat memantau ke lapangan pemeliharaan tahap akhir menjelaskan, sejumlah alat berat telah ditarik dari saluran primer irigasi Riam Kanan beberapa hari lalu. Ia mengakui selama pemeliharaan di lapangan bukan tanpa kendala, mengingat intensitas hujan masih sering terjadi, sehingga menyulitkan pekerja melakukan penambalan dan pengangkutan gulma dan lumpur yang masih berada di irigasi.

“Saat ini hanya pembersihan akhir dengan menggunakan mobil dan tenaga manusia saja agar mudah dijangkau. Alat berat excavator dan loader sudah selesai, terakhir Senin sore sudah keluar dari saluran, karena lumpur padat semua sudah dibuang, ini tersisa lumpur lembut yang menyatu dengan genangan air hujan saja di saluran,” ujarnya kepada Kanalkalimantan.com, Rabu (27/2).

Mencapai tahap akhir, Herry menyebut kendala cuaca hujan selama ini menghambat pengeringan dan pemiliharaan total yang terjadwal dari 7 hingga 28 Februari 2018.

Perlu diketahui, saluran irigasi Riam Kanan dibangun dengan estimasi umur sekitar 50 tahun untuk kepentingan 6.000 hektare dari target awal 24 ribu hektare lahan pertanian. Belakangan fungsi utamanya malah berubah, sebagian besar beralih fungsi untuk pengairan sektor perikanan.

Saat dialir air nanti, debit air mengalir 15 meter kubik per detik dan nantinya akan sampai Cindai Alus atau BRK 9, air sudah sampai sekitar pukul 05.00 Wita  atau dua belas jam hitungan sampai ke ujung irigasi sejauh 24 Km.

Herry mengungkapkan rencananya pengaliran air di irigasi Riam Kanan akan dibuka Kepala Dinas PUPR Kalsel Roy Rizali Anwar pada Kamis sore. Ia mengimbau agar masyarakat khususnya anak-anak untuk tidak lagi berkeliaran di sepanjang saluran irigasi, karena ditakutkan adanya kejadian yang tidak diinginkan. Menjelang Halu Guru Sekumpul nanti, masyarakat diminta terus menjaga kebersihan, jangan sampai ada lagi sampah mengendap di lantai saluran irigasi Riam Kanan.

“Rencananya Kadis PUPR Kalsel akan membuka alirannya besok. Kami minta agar masyarakat khususnya anak-anak untuk tidak lagi berada di dekat irigasi. Tolong jangan buang sampah di saluran irigasi lagi. Tidak hanya gulma saja, tetapi sampah banyak mengendap di lantai irigasi, semisal botol kaca, kaleng baju dan sejenisnya,” pungkasnya.

Untuk menjamin keamanan pengaliran air di saluran, di sekitar lokasi irigasi akan dibantu aparat TNI. Selain melakukan pemeliharaan Dinas PUPR Kalsel bersama Komisi Irigasi Kabupaten Banjar juga melakukan penertiban terhadap 2.004 pipa dan lubang milik pengusaha tambak ikan di sepanjang saluran irigasi termasuk milik PDAM Intan Banjar. (rico)

Reporter:Rico
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
Advertisement