Para Milenial Muda Banjarmasin yang Memilih Tak Apatis pada Pemilu 2019 - Kanal Kalimantan
Connect with us

Politik

Para Milenial Muda Banjarmasin yang Memilih Tak Apatis pada Pemilu 2019

Diterbitkan

pada

Para milenial mengikuti penyuluhan KPU Bankarmasin Foto: Mario

BANJARMASIN, Pesta demokrasi tidak hanya perihal orang-orang dewasa yang saling bersaing wakil atau jagonya dalam Pileg maupun Pilpres pada 2019 nanti. Tapi juga menjadi urusan para anak-anak muda generasi milenial!

Angkatan baru ini tidak lepas dari perhatian KPU Banjarmasin. Tidak hanya kaum wanita dan difabel saja yang mereka beri penyuluhan, tapi juga kaum millenial yang masih sangat hijau dalam politik.

Nah, memasuki masa pemilu 2019 siapa pun yang ikut berkecimpung di dalam pesta ini tentu sedang mempersiapkan berbagai macam hal. Dengan adanya kursus kepemiluan yang diadakan oleh KPU Banjarmasin dengan kaum milenial sebagai target, tentu ini menjadi suatu pembelajaran penting bagi kaum-kaum muda untuk mereka bisa mengenali dunia politik dimulai dari dasarnya.

Agung Tinggam adalah ketua gerakan Milenial Anti Golput yang diajak oleh KPU Banjarmasin untuk mengikuti kursus kepemiuan ini mengatakan, gerakan Milenial Anti Golput ini terdiri dari perkumpulan mahasiswa -mahasiswi perguruan tinggi se-Banjarmasin.

Agung mengakui bahwa ia dan teman-temannya merasa sangat gembira setelah mengetahui dan mendapat dukungan serta apresiasi dari KPU Kota Banjarmasin. ”Sebagai bentuk support, pihak KPU Kota mengajak kami para pengurus gerakan ini untuk ikut pembekalan atau kursus kepemiluan ini” ucapnya.

Pembekalan kemarin menghasilkan dampak yang positif bagi gerakan ini. Dikarenakan pada moment tersebut mereka diberikan ilmu mengenai pemilu serta informasi terbaru dalam pemilu serentak 17 April 2019. “Tidak hanya ilmu yang kami dapatkan, di kegiatan tersebut pula kami saling sharing materi yang kami sediakan kepada pihak KPU Kota Banjarmasin. Kami juga berbagi pengalaman mengenai pemilu yang kami alami dari awal mencoblos sampai sekarang,” tuturnya.

Hal ini merupakan bekal yang sangat luar biasa yang bisa mereka dapatkan. Selain memperdalam nilai kepemiluan, mereka juga mempererat kerjasama serta tali silahturahmi dengan pihak KPU Kota Banjarmasin.

Sementara Ketua Divisi Kampanye KPU Banjarmasin Syarifudin Akbar mengatakan kegiatan yang berlangsung di aula KPU Banjarmasin dan dihadiri 60 kaum muda. Termasuk juga Bambang Budianto yang merupakan mantan anggota KPU terdahulu dan juga Hamidah yang juga merupakan mantan anggota KPU periode sebelumnya yang kini menjadi akademisi di FISIP ULM.

Kegiatan ini memang dikhususkan oleh KPU dalam hal mengajak kaum-kaum muda untuk melek pemilu. “Ini memang program tersendiri dari KPU Banjarmasin untuk bisa menambah persentase partisipasi tingkat pemilih di Banjarmasin nantinya” terang Syarifudin.

KPU Banjarmasin juga merekrut para pemuda-pemudi ini  untuk jadi relawan perpanjangan tangan KPU untuk mensosialisasikan perihal kepemiluan ini agar masyarakat nantinya tidak golput. “Artinya, kami mengharapkan kerja samanya (dengan gerakan Milenial Anti Golput) dan mereka  di-SK-kan secara resmi oleh KPU,” harapnya.(mario)

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan