Connect with us

Kota Banjarmasin

Panitia Haul Habib Basirih Tegaskan Acara Tak Ada Kaitan dengan Politik

Diterbitkan

pada

Panitia Haul habib Basirih menepis beredarnya kabar acara haul ditunggangi oleh politik. Foto: mario

BANJARMASIN, Peringatan Haul Habib Hamid bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih) ke-72 akan digelar di Kubah Basirih, Masjid Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim, Jl Keramat Basirih, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Sabtu (26/1) mendatang.

H Abdul Mun’iem selaku panitia haul menyampaikan dan meluruskan bahwa haul Habib Hamid ini murni sebatas kegiatan haul akbar tahunan. Ia juga mengkonfirmasi serta mengantisipasi mengenai berita di media sosial yang mengatakan bahwa haul ini mengatasnamakan dukungan atas salah satu partai atau pun calon legislatif.

“Kami di sini murni untuk haul akbar. Kami hanya mensukseskan dan melayani peziarah-peziarah datang,” jelasnya.

Apabila ada hal-hal yang berkaitan mengenai kegiatan partai maupun pemilu legislatif, pihak panitia tidak mendukung hal tersebut. “Ada kami melihat selebaran medos itu, sepertinya mengatasnamakan kegiatan kami. Di sini kami mau meluruskan,” lanjutnya.

Khadijah Said, selaku ibunda Abdul Mun’iem berterima kasih dan juga turut menjelaskan kepada masyarakat yang akan datang ke Haul Habid Hamid bahwa Haul ini murni dirayakan secara agama Islam. “Merupakan kewajiban untuk menghauli kakek saya, dan jangan dikait-kaitkan dengan urusan lain,” tegasnya.

Husin Lutfhi, selaku Kabid Diskominfo TIK dan panitia haul menambahkan bahwa sebelumnya memang ada selebaran-selebran di media soaial yang mengatasnamakan informasi Haul Habid Hamid. “Di medos ada info yang mengatasnamakan informasi Haul, tapi di bawahnya ada politisasi. Padahal tidak ada izin dari kami” tambahnya.

Haul ini nantinya akan mempunyai daya tampung 5.000-10.000 orang. “Karena kiri kanan sungai itu penuh dan sampai jembatan kembar itu juga penuh,” jelas Husin Lutfhi.

Selain itu panitia juga menyiapakan penyeberangan sungai dengan 14 klotok,  4 feri, 5 kapal ikan , 4 speed boad, dan sumbangan speed dari Polair dan Basarnas. “Untuk konsumsi akan ada hingga 5.000-an. Namun biasanya para warga yang nanti datang juga biasanya membawa konsumsi untuk dibagikan. Ada informasi mereka mau menyumbang sapi, dimasak sendiri terus langsung dibagikan,” katanya.(mario)

Reporter:Mario
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares