Connect with us

Bencana

Menkes Sebut Korban Gempa Lombok Bertambah Jadi 226 Orang

Diterbitkan

pada

Menkes merilis daftar korban gempa Lombok mencapai 226 orang Foto : ACT

LOMBOK UTARA, Data terbaru pada Rabu (8/8), korban meninggal dunia akibat gempa Lombok bertambah menjadi 226 orang. Dengan Kabupaten Lombok Utara mencatatkan jumlah korban paling banyak, yaitu 194 orang meninggal.

Korban meninggal lainnya tersebar 21 orang di Lombok Barat, Kota Mataram 7 orang, Lombok Tengah 2 orang, dan Lombok Timur 2 orang.  “Yang harus dioperasi ada 139, ini umumnya yang patah-patah tulang. Jadi ada 135 yang dilakukan operasi untuk patah tulang,” ujar Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek saat berkunjung ke tempat pengungsian di Lapangan Kantor Bupati Lombok Utara, Rabu (8/8).

Menkes Nila menyebutkan bahwa sudah mengerahkan dokter bedah tulang atau ortopedi sebanyak 60 orang. Dan menerjunkan 78 dokter spesialis.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menginstruksikan kepada Komandan Resort Militer, Ahmad Rizal Ramdhani untuk terus mencari data korban yang hilang.

“Mendata orang hilang, baik karena reruntuhan gedung atau karena melarikan diri saat ada peringatan tsunami. Kembali juga kesulitan, ini harus melibatkan kepala desa dan pak lurah,” jelas Marsekal Hadi.

Hingga kini, masyarakat Desa Klui, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara belum mendapatkan bantuan apapun. Akhirnya mereka harus meminta-minta di pinggir jalan dengan harapan yang melintas memberikan sedikit sumbangan berupa uang, obat, tenda, dan selimut.

“Delapan puluh persen rumah rata. Kita butuh makanan, selimut, tenda,” ujar Wahyu, salah satu masyarakat dilansir detik.com.

Mereka mengungkap bahwa belum ada distribusi bantuan yang memasok ke desanya. Kebanyakan bantuan langsung ditujukan ke posko pusat. “Mungkin karena ini di pintu masuk, jadi dilupakan gitu aja,” tambahnya.

Saat ini mereka juga kekurangan air bersih. Mereka baru mendapatkan bantuan obat-obatan, seperti obat batuk dan obat sakit kepala dari orang-orang yang melintas. “Tenda kalau yang punya uang beli sendiri, bantuan dari yang sebatas lewat aja,” tutupnya.

Guna membantu korban bencana gempa di Lombok, masyarakat Kalsel yang ingin menyalurkan bantuan bisa melalui ACT Kalsel atau melalui redaksi Kanalkalimantan.com. (cel/dtc)

Reporter : Cel/dtc
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share