Menyulap Bagian Belakang Perpustakaan Pal 6 Jadi Wisata Edukatif Literasi - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Menyulap Bagian Belakang Perpustakaan Pal 6 Jadi Wisata Edukatif Literasi

Diterbitkan

pada

Upaya untuk meningkatkan minat akan baca agar menjadi lebih menyenangkan. Foto : ammar

BANJARMASIN, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan sedang merancang Perpustakaan Pal 6 menjadi wisata berbasis literasi. Upaya untuk meningkatkan minat akan baca agar menjadi lebih menyenangkan.

Kadispersip Kalsel Dra Hj Nuliani Dardie mengatakan, saat ini kapasitas ruang baca Pepustakaan Pal 6 sudah tidak bisa mampu lagi menampung banyaknya pengunjung, nah, ruang terbuka atau outdoor di bagian belakang diincar untuk dijadikan tempat baca bagi kalangan anak muda yang menikmati buku bacaan sambil bersantai.

“Outdoor itu bukan cuman diperuntukan bagi anak muda tapi juga untuk tempat baca dan santai buat keluarga,” katanya.

Ditambahkannya, ia pun meminta kepada konsultan perencana agar dibuatkan taman belakang yang bisa digunakan sebagai tempat baca, tempat bermain, tempat santai, tempat olahraga ringan dengan senyaman mungkin sebagai tempat wisata edukatif.

“Jadi tempat nongkrong sambil baca buku, juga bisa buat pertemuan santai,” ucapnya.


Harapannya nanti, Perpustakaan Pal 6 tidak hanya menjadi kaku karena dominan perpustakaan terkesan kurang inovatif hanya berisi buku serta bahan bacaan di tempat yang tertutup dan sepi.

Sedangkan masyarakat menginginkan saat menbaca bisa sambil bersantai bersama teman-teman hingga keluarga.

“Ini inovasi tiada henti, Dispersip Kalsel akan terus menyesuaikan perkembangan zaman dengan dunia literasi, agar minat baca bisa bertambah banyak lagi,” katanya.

Nantinya ada beberapa bangunan yang berada di taman bagian belakang Perpustakaan Pal 6 tersebut, temboknya akan diisi dengan mural-mural yang nantinya juga bisa digunakan untuk berswa-foto. (ammar)

Reporter : Ammar
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 17
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan