Connect with us

Kab. HSU

KPU HSU Jamin Pemilih di Desa Terpencil Kampung Timbul Terakomodir

Diterbitkan

pada

Akses klotok alias kapal motor satu-satunya menuju Kampung Timbul di Kabupaten HSU. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pastikan Data Pemilih Tetap (DPT) di kawasan terpencil tercover dan pemilih di wilayah terpencil dapat melakukan pencoblosan pada 17 April 2019 mendatang.
Komisioner KPU HSU Divisi Perencanaan dan Data Lukmanul Hakim kepada Kanalkalimantan.com, Minggu (17/3) mengungkapkan, meski daerah terpencil seperti Kampung Timbul yang berada di 2 desa berbeda yakni sebagian berada di wilayah desa Baru dan sebagiannya lagi berada di wilayah Desa Teluk Masjid, Kecamatan Danau Panggang, namun jumlah DPT yang berada di kampung tersebut dipastikan terdaftar.

Ia menambahkan, untuk Kampung Timbul yang termasuk wilayah Desa Baru akan ada tiga TPS, sementara Kampung Timbul wilayah Teluk Mesjid satu TPS.
“Sebelumnya kami sudah melakukan rekrutmen anggota KPPS Desa Baru di Kampung Timbul, sehingga sudah terakomodir untuk anggota KPPS yang berada di Kampung Timbul nantinya,” ujar Lukman.


Selain itu, ia menyebut keunikan tersendiri bagi Kampung Timbul yaitu wilayah rawa yang banyak didiami warga selama puluhan tahun, kendati berada jauh dengan Desa Baru dan tidak terdata sebagai salah satu dari 214 desa di Kabupaten HSU. “Kampung Timbul merupakan desa di dalam desa yang sebagian wilayahnya teritorial desa Baru dan sebagian kecilnya lagi termasuk teritorial desa Teluk Mesjid,” terangnya.
Menjadi tantangan tersendiri bagi anggota KPU HSU demi lancarnya proses pencoblosan 17 April mendatang, Kampung Timbul mendapatkan perhatian khusus seperti halnya daerah-daerah terpencil lainnya di wilayah HSU.


“Kita akan memberikan perhatian khusus untuk Kampung Timbul, baik berupa pengawalan dan lain sebagainya, seperti halnya ke wilayah Kecamatan Paminggir, kotak suara dan perlengkapan lain yang dikirim diberikan kantong plastik mengantisipasi terjadinya hujan atau terjatuh ke dalam air,” beber Lukman.
Sementara itu, Kepala Desa Baru Yannur mengakui, letak daerah Kampung Timbul berada sekitar 1 Km dari desa Baru, hanya mampu ditempuh melalui jalur air. “Untuk DPT di Kampung Timbul yakni 270 pemilih, di sana ada TPS 04 masuk desa Teluk Masjid, sementara TPS 01, 02 dan TPS 03 masuk ke desa Baru,” bebernya.
Bagian Kampung Timbul yang termasuk wilayah Desa Teluk Masjid jumlah DPT sebanyak 134 pemilih, lebih sedikit dibandingkan dengan Kampung Timbul yang berada di wilayah desa Baru.
“Meski Kampung Timbul terbagi menjadi dua RT, dua desa dan berada di daerah terpencil namun penduduknya lumayan banyak sekitar 500 jiwa lebih,”  ujarnya.
Ia berharap ke depan Kampung Timbul dapat diakses melalui jalan darat baik itu jalan permanen maupun berupa jembatan titian yang umum sebagai penghubung antara desa di wilayah Kabupaten HSU. (dew)

Reporter:Dew
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->