KPU Banjarbaru Tetapkan 144.215 DPT, Pemilih Perempuan Dominan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Politik

KPU Banjarbaru Tetapkan 144.215 DPT, Pemilih Perempuan Dominan

Diterbitkan

pada

KPU Banjarbaru menetapkan DPT Caleg Foto: net

BANJARBARU, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden 2019 sebanyak 144.215 orang.

Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat di Kota Banjarbaru, Selasa mengatakan, pihaknya menetapkan DPT melalui rapat pleno terbuka dilaksanakan pada Selasa (21/8). “Penetapan DPT dilakukan melalui rapat pleno terbuka dihadiri komisioner KPU mengundang pihak terkait seperti Panwaslu, perwakilan partai politik dan undangan lain,” ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah DPT yang mencapai 144 ribu lebih itu terdiri dari 70.940 orang pemilih laki-laki dan 73.275 pemilih perempuan yang tersebar pada lima kecamatan di kota itu. Disebutkan, jumlah pemilih paling banyak terdapat di Kecamatan Landasan Ulin yakni 39.338 orang, Kecamatan Banjarbaru Utara urutan kedua pemilih terbanyak yakni 30.149 orang.

Selanjutnya, tiga kecamatan lain yakni Banjarbaru Selatan sebanyak 29.276 pemilih, Kecamatan Liang Anggang 23.306 pemilih dan kecamatan Cempaka sebanyak 22.146 pemilih. “Seluruh pemilih itu tersebar pada 20 kelurahan dan kami juga menetapkan jumlah tempat pemungutan suara yakni sebanyak 713 titik yang lokasinya akan disesuaikan di lapangan,” ucapnya.

Menurut dia, DPT pemilu yang telah ditetapkan akan disosialisasikan sehingga masyarakat mengetahui sekaligus bisa mengecek apakah sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum. “Sosialisasi DPT disampaikan melalui media disamping pemberitahuan mulai tingkat pemerintah kota hingga tingkat kelurahan dengan ditempel di papan pengumuman,” ujarnya.

Masyarakat yang merasa tidak masuk dalam DPT padahal sudah memenuhi syarat sebagai pemilih bisa melaporkan berjenjang mulai tingkat RT, kelurahan hingga kabupaten. “Seluruh potensi pemilih yang masuk akan diproses. Jika memang ada pemilih yang tidak masuk DPT padahal syarat terpenuhi maka dimasukan dalam daftar pemilih tambahan,” katanya.(rico)

Reporter: Rico
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 16
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan