KPH PLS Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan - Kanal Kalimantan
Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

KPH PLS Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Diterbitkan

pada

KPH Pulau Laut Sebuku melakukan pengecekan ke lokasi karhutla di Desa Terangkeh. Foto : Dishut

BANJARBARU, Menindak lanjuti laporan yang diterima terdeteksinya titik panas pada koordinat latitude -3.81056 S, longitude 116.15934 E oleh Brigade Biawak PT. Inhutani II, KPH Pulau Laut Sebuku melakukan pengecekan ke lapangan yang mana koordinat tersebut tepatnya berada di Desa Terangkeh, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru.

Sumber informasi diperoleh dari menara 109 dan menara 94, lama kebakaran diperkirakan 2 jam 10 menit dikarenakan adanya hambatan, cuaca panas, angin kencang, bahan bakar tebal dan akses ke lokasi yang terputus. tim yang beranggotakan 20 orang menggunakan peralatan HT, JUFA, sepeda motor dan truck tangki langsung melakukan pemadaman di lokasi.

Dari hasil pengecekan di lapangan, luasan lahan yang terbakar seluas kurang lebih 2,9 hektar. Jenis vegetasi yang terbakar adalah ilalang dan semak belukar. Penyebab kebakaran sementara diperkirakan adanya orang mencari kayu ulin dan peencari ikan. Tidak ada ditemukan korban jiwa dan luka dalam kebakaran tersebut, direncakan petugas PT. Inhutani akan di undang ke kantor dan rencananya akan dilakukan Olah TKP seraya memasang police line dan spanduk.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel  Dr. Hanif Faisol Nurafiq, S.Hut. MP meminta seluruh jajaran Dishut untuk terus waspada dan dapat bekerjasama dengan instansi lain untuk mencegah terjadinya Karhutla. Mengingat hal tersebut sudah menjadi komitmen, sebagaimana disampaikan oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. “Semuanya harus bergerak bersama dalam mengantisipasi Karhutla,” katanya.(rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan