Kemasan Jadi Silent Sales Person, IKM Pangan Dibekali Pelatihan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Ekonomi

Kemasan Jadi Silent Sales Person, IKM Pangan Dibekali Pelatihan

Diterbitkan

pada

Pelatihan kemasan tingkat lanjutan bagi IKM pangan di Kota Banjarbaru, di Aula Dekranasda Kota Banjarbaru, Senin (27/8). Foto : dekranasda banjarbaru

BANJARBARU, Kemasan mempunyai peranan penting dalam bidang promosi, kemasan berfungsi sebagai silent sales person. Peningkatan kemasan efektif untuk menarik perhatian konumen-konsumen baru. Tujuannya adalah untuk mencapai mutu daya tarik visual secara optimal.

Hal tersebut terungkap data pembukaan pelatihan kemasan tingkat lanjutan bagi IKM (Industri Kecil Menengah) pangan di Kota Banjarbaru, di Aula Dekranasda Kota Banjarbaru, Senin (27/8)

Peserta pelatihan kemasan tingkat lanjutan bagi IKM pangan di Kota Banjarbaru sebanyak 30 orang terdiri dari IKM pangan/pengrajin di Kota Banjarbaru.

Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Drs Gusti Ardiansyah berharap melalui pelatihan kemasan harus melindungi produk terhadap berbagai kemungkinan yang dapat menjadi penyebat timbulnya kerusakan barang, misalnya cuaca, sinar matahari, jatuh, tumpukan, kuman, serangga dan lain-lain.

“Dapat menjaga keindahan pada kemasan yang merupakan daya tarik visual yang mencakup pertimbangan pengguna warna, bentuk,merek atau logo, ilustrasi, huruf, tata letak atau lay out dan mascot,” ujarnya.

Pelatihan diberikan untuk pengembangan produk yang lebih baik dan berasil guna buat pra peserta pelatihan kemasan tingkat lanjutan bagi IKM pangan di Kota Banjarbaru.

Titien Hartiningsih SSos MM, Kasi Ekonomi Kreatif Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru menyampaikan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan kemasan tingkat lanjutan bagi IKM pangan di Kota Banjarbaru dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang manfaat penggunaan kemasan serta keterampilan teknis dan design kemasan produk pengolahan pangan.

“Dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing mutu terutama kemasan produk pemasaran. Memfasilitasi IKM pangan dalam pengembangan kemasan produk, serta memotivasi pengusaha dalam teknis dan design kemasan yang baik untuk produk hasil pengolahan pangan,” bebernya.

Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani memberikan paparan tetang pentingnya kemasan karena kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan.

“Kemasan digunakan untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar. Sehingga hasil olahan kita dapat membuat daya tarik bagi para konsumen,” ujarnya. (bie)

Reporter:Bie
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan