Connect with us

Hukum

Kapolda Kalsel Lantik 199 Brigadir Polri

Diterbitkan

pada


BANJARBARU, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan Brigjen Polisi Drs Rachmat Mulyana melantik 199 anggota kepolisian yang baru lulus pendidikan tahun ajaran 2017/2018.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah ratusan Bhayangkara Negara dilakukan Kapolda Kalsel di halaman Sekolah Polisi Negara (SPN) Banjarbaru, Selasa (6/3).

Membacakan amanat dari Kapolri, Kapolda Kalsel menyampaikan, Brigadir dengan jumlah mencapai 350.994 personel atau 79,2 % dari jumlah total personil Polri, maka Bintara merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas Polri.

“Melalui penerapan kebijakan minimum zero growth dan sistem rekruitmen yang berasaskan betah, Polri diharapkan dapat menghasilkan Bintara Polri dengan memiliki kualifikasi umum maupun bintara Polri dengan kualifikasi khusus. Pendidikan pembentukan bintara Polri tahun ajaran 2017/2018 telah mendidik 10.139 personil Polri,” katanya.



Menurutnya, jumlah tersebut terdiri 9.578 Polisi laki-laki dan 561 Polisi wanita, dengan 9.939 Bintara Polri memiliki kualifikasi umum dan 200 Bintara Polri memiliki kualifikasi penguasaan teknologi informasi.

Dia menambahkan, selama proses pendidikan, para Bintara Polri ini telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang kepolisian, sebagai modal utama dalam menghadapi berbagai tantangan tugas di lapangan. Lebih khusus pada tahun 2018 ini, Polri akan menghadapi beberapa agenda nasional yang memerlukan konsentrasi dan langkah-langkah strategis dalam pengamanannya.

“Pengamanan Pilkada serentak 2018, tahapan pemilihan Legislatif dan Pilpres 2019, Asian Games 2018 di Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali,” tambahnya lagi.

Di akhir amanat, Kapolri berpesan kepada para Brigadir yang baru dilantik untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam berpikir, bersikap, dan bertindak, baik dalam tugas kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya, sebagai pedoman pelaksanaan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan Negara. Menjalin komunikasi dan kerja sama sinergis dengan masyarakat, tni, dan seluruh pemangku kepentingan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksaan tugas yang semakin kompleks. “Dan jadilah teladan bagi masyarakat serta hindari perbuatan yang dapat menjatuhkan kehormatan diri, keluarga, dan organisasi Polri,” pesannya.(abdullah)

Reporter: Abdullah
Editor: Abi Zharrin Al Ghifari


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->