Kanwil DJPb : Kalsel Terbaik se-Indonesia dalam Penilaian IKPA - Kanal Kalimantan
Connect with us

Bisnis

Kanwil DJPb : Kalsel Terbaik se-Indonesia dalam Penilaian IKPA

Diterbitkan

pada

Kepala Kanwil DJPb Kalsel Usdek Rahyono Foto : Arief Rahman

BANJARMASIN, Kepala Kanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Kalsel Usdek Rahyono mengakui Provinsi Kalsel berhasil meraih rangking pertama dalam penilaian Index Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) se-Indonesia sampai triwulan III tahun 2018.

Keberhasilan meraih peringkat pertama, tidak lepas dari kemampuan Provinsi Kalsel memenuhi 13 indikator yang dipersyaratkan dalam penilaian IKPA.

“Ada sekitar 13 indikator dalam IKPA yang dipenuhi oleh Provinsi Kalsel untuk bisa meraih rangking pertama di seluruh Indonesia. Ini tentunya prestasi yang boleh dibilang sangat membanggakan,” ungkapnya, Rabu (14/11/2018) disela kegiatan seminar ekonomi forum kementrian keuangan di Swiss Belhotel Borneo Banjarmasin.

Adapun 13 indikator tersebut diantaranya aspek kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaan anggaran, terdiri dari indikator revisi DIPA, deviasi halaman III DIPA dan Pagu minus. Kemudian dari sisi aspek kepatuhan atas regulasi, terdiri dari indikator penyampaian data kontrak, pengelolaan UP, pengelolaan TUP, penyampaian LPJ Bendahara dan dispensasi SPM.

“Lalu ada aspek efektivitas pelaksanaan kegiatan, terdiri dari indikator retur SP2D, realisasi anggaran (non belanja pegawai) dan penyelesaian tagihan. Terakhir aspek efisiensi pelaksanaan kegiatan, terdiri dari indikator deviasi RPD dan penolakan SPM,” tambahnya.

Ia pun menaruh optimis Provinsi Kalsel bisa mempertahankan kinerja pada triwulan IV Tahun 2018 mendatang. Bahkan ia berkeinginan, hingga akhir tahun 2018 nanti realisasi pendapatan bisa tembus hingga 90 persen dari yang ditargetkan. Dan realisasi penyerapan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mampu terserap hingga 95 persen.

“Kami optimis target pendapatan maupun penyerapan anggaran bisa sesuai target walau waktunya hanya tinggal kurang lebih satu bulan lagi,” pungkasnya. (arief)

Reporter:Arief
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!