Jabarkan RPMD 2016-2021, Kabupaten Banjar Prioritaskan 9 Pembangunan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pemkab Banjar

Jabarkan RPMD 2016-2021, Kabupaten Banjar Prioritaskan 9 Pembangunan

Diterbitkan

pada

Pemkab Banjar prioritaskan semilan program pembangunan Foto: rendy

MARTAPURA, Demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah, Bappelitbang Banjar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 di Mahligai Sultan Adam, Rabu (19/9).

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan, pelaksanaan pembangunan pembangunan sejak tahun 2016 berpedoman kepada RPJMD yang ditetapkan dengan peraturan daerah Kabupaten Banjar Nomor 5 Tahun 2016 tentang RPJMD tahun 2016-2021. Dalam perjalanannya RPJMD sudah masuk tahun ketiga dan terjadi kebijakan.

“Kebijakan tersebut seperti dari UUD 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah yang berdampak pada rencana penganggaran dan kelembagaan pemerintah daerah se-Indonesia, terbitnya peraturan pemerintah No 18 tahun 2016 tentang perangkat derah sebagai turunan amanat UUD No 23 tahun 2014 berdampak pada pemerintah daerah untuk menyusun perangkat derah baru sesuai pemetaan urusan konsuren dan intruksi mentri dalam negri,” jelasnya.

Untuk memahami dan menjabarkan visi RPJMD Kabupaten Banjar tahun 2016-2021 dan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan barokah, orientasi kebijakan pembangunan untuk mewujudkan visi yang dimaksud diarahkan pada pelaksanaan 9 prioritas pembangunan.

Adapun di antaranya 9 prioritas pembangunan yang dimaksud seperti perencanaan pemeriksaan, perawatan dan pengobatan bermartabat bagi masyarakat miskin dan atau terpencil. Perencanaan badan hukum Lembaga dimasyarakat dalam rangka sertifikasi asset Lembaga, pembuatan posko terpadu independen yang menerima laporan dari masyarakat yang bertanggung jawab. Re-identifikasi keseimbangan pembangunan pedesaan dan perkantoran. Penertiban Kawasan pasar, parkir dan terminal.

“Agenda prioritas pembangunan diatas telah menjadi janji politik pemerintah kami, agar dikaji setiap Satu Kerja Perangkat Daerah hingga terakumulasi dalam RPJMD Banjar,” ujar Khalilurrahman.

Tidak lupa Khalilurrahman juga meminta untuk seluruh pemangku kepentingan untuk berkontribusi positif bagi upaya untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Banjar tahun 2016-2021 sehingga berjalan dengan sesuai, dengan memberikan saran dan masukan serta keritik yang bersifat membangun dan solutif. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan