Connect with us

Kota Palangkaraya

Ini Daftar Tokoh Penerima Vaksin Pertama di Kalteng

Diterbitkan

pada

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto: Gustavo Fring from Pexels

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA – Kalimantan Tengah siap melakukan kick of vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 14 Januari mendatang.

Tahap pertama vaksin diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan tenaga lainnya yang bekerja di bidang pelayanan kesehatan atau langsung berhubungan dengan pasien.

Sebanyak 200 vaksinator telah dilatih sesuai jumlah puskesmas yang ada di seluruh Kalteng dan siap untuk melaksanakan vaksinasi di tempat masing-masing.

Sesuai edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, vaksin pertama akan diberikan kepada Gubernur, Wakil Gubernur, Ketua DPRD Kalteng, Kapolda Kalteng, Danrem, Kadinkes, Direktur Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangkaraya, Kepala BPOM, Ketua IDI dan Ketua MUI.



“Maksimal sepuluh tokoh untuk seremoni dan tentunya harus memenuhi syarat pada saat screening,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah dr Suyuti Syamsul, Selasa (12/1/2021).

Keterlibatan tokoh masyarakat dalam pelaksanaan vaksin tahap pertama ini, untuk memberikan contoh bagi masyarakat agar nantinya tidak ada yang menolak divaksin.

Walau Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H Ismail bin Yahya tercatat sebagai penyintas Covid-19, dan masuk 16 kelompok yang tidak diberikan vaksin sinovac.

Namun, tetap mengikuti screening dan nantinya pada saat itulah baru dinyatakan tidak bisa diberi vaksin.
Sebab, dari 16 indikasi kontra, ada yg bersifat absolut atau tidak dapat diberikan selamanya, tapi ada juga yang kontra indikasi relatif atau dapat diberikan setelah kontra indikasinya tidak ada lagi.

“Kontra indikasi itu ada absolute ada sementara. Kalau kontra indikasi sementara hanya menunda sampai penyakitnya tidak ada lagi, berhenti menyusui dan lain-lain,” ujarnya. (kanalkalimantan.com/tri)

 

Reporter : Tri
Editor : Kk

 

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->