Generasi Millenial Harus Melek Politik dan Kritis! - Kanal Kalimantan
Connect with us

Politik

Generasi Millenial Harus Melek Politik dan Kritis!

Diterbitkan

pada

Dosen Unair Surabaya Airlangga Pribadi Kusman saat memberikan materi di acara Seminar Nasional FISIP Uniska. Foto : Arief Rahman

BANJARMASIN, Dosen Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Airlangga Pribadi Kusman berharap generasi millenial bisa aktif, bahkan kritis terhadap permasalahan politik yang ada di tingkat daerah maupun nasional.

Hal tersebut diungkapkannya saat seminar nasional yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari dengan tema “membangun komunikasi politik di era transisi demokrasi dan masa depan perpolitikan nasional”, Sabtu (6/10) di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin.

“Generasi millenial jangan hanya diam melihat berbagai permasalahan politik yang terjadi saat ini. Harusnya malah sebaliknya, terlibat aktif bahkan kritis agar bisa mendorong peradaban politik baru di Indonesia yang lebih sehat,” tegas Airlangga.

Pada Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 mendatang, generasi millenilal merupakan pemegang hak suara terbesar yakni sebanyak 40 persen. Ini artinya generasi millenial punya kesempatan besar untuk merubah peradaban politik baru yang jauh lebih baik di Indonesia.

“Kalau generasi millenial hanya duduk diam saja, tentunya sulit bagi bangsa ini untuk merubah arah perpolitikan bangsa yang kini mulai di dominasi oleh kalangan kapitalis,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan FISIP Uniska Murdiansyah menambahkan, kegiatan seminar nasional yang digelar kali ini diharapkan mampu mendorong tingkat kekritisan mahasiswa terhadap masalah politik yang ada disekitarnya.

“Apalagi kan saat ini kita sedang mengikuti proses pemilihan anggota DPRD sekaligus Presiden dan Wakil Presiden. Nah melalui seminar ini kita harapkan mereka lebih tertarik dan kritis untuk melihat rekam jejak calon pemimpin yang akan mereka pilih nantinya,” ungkapnya.

Murdi bahkan mempersilahkan mahasiswa Uniska untuk bisa turun ke jalan dalam mengkritisi berbagi permasalahan bangsa yang terjadi saat ini. Tentunya harus mentaati peraturan yang berlaku dan bisa memberikan solusi konkrit.

“Jangan hanya jadi mahasiswa yang hadir di kelas, duduk dan mengerjakan tugas saja. Tapi jadilah mahasiswa yang aktif dan kritis terhadap berbagai permasalahan yang ada disekitar,” pungkasnya.(arief)

Reporter : Arief
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 24
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan