Connect with us

Kalimantan Selatan

Empat Kabupaten di Kalsel Siaga Darurat Bencana Banjir!

Diterbitkan

pada

Kepala BPBD Kalsel Wahyuddin. Foto : Rico

BANJARBARU, Meningkatnya intensitas curah hujan di Kalsel, membuat 4 kabupaten menetapakan status siaga darurat bencana banjir.

Kepala BPBD Kalsel Wahyuddin mengungkapkan, 4 kabupaten tersebut adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Batola.

“Untuk Provinsi Kalsel, 2 Januari rencananya akan menaikkan status siaga darurat bencana banjir. Kemudian akan disusul di daerah Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru,” kata Wahyuddin.

Pria yang akrab disapa Ujud ini mengungkapkan dalam antisipasi banjir, pihaknya telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) bencana banjir. Tidak hanya itu, sejumlah titik rawan di kawasan rumah warga juga telah petakan.



“Titik rawan banjir itu, di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong. Dua kabupaten ini yang kemungkinan paling rawan dari tahun ke tahun,” kata Ujud.

Sebagai langkah antisipasi awal, BPBD Kalsel akan melakukan peninjauan ke sungai dan jembatan, maupun selokan yang memungkinkan tertumpuk sampah. Tidak hanya itu, penyediaan alat seperti Early Warning System (EWS), sinyal yang memberi tahukan jika debit air naik juga akan lebih dimanfaatkan.

Menurut Ujud, dalam antisipasi awal ini juga perlu ada peran serta pemerintah daerah  untuk melakukan normalisasi sungai di daerah masing-masing.

Terakhir, Ujud juga mengimbau untuk antisipasi banjir didaerah perkotaan diharapkan tidak menutup dengan semen, lebih baik menggunakan bata press agar air bisa meresap.

“Jadi air tidak langsung menuju ke jalan dan menyebabkan banjir di kota. Kami juga meningkatkan respon time, dengan memberlakukan call center lewat 122, berlaku dari tanggal 2 Januari 2020,” tandas Kepala BPBD Kalsel. (Rico)

 

Reporter : Rico
Editor : Bie

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->