DPT Hasil Perbaikan Kedua di HSU Ada 160.780 Pemilih - Kanal Kalimantan
Connect with us

Politik

DPT Hasil Perbaikan Kedua di HSU Ada 160.780 Pemilih

Diterbitkan

pada

Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 KPU HSU. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten HSU menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Rapat pleno berlangsung di Aula Grand Balqis Hotel Amuntai, Senin (12/11) dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan Ka Lapas Kelas 2B Amuntai, Disdukcapil, PPK, PPS, serta perwakilan partai politik.

Jumlah DPHTP-2 Pemilu 2019 untuk Kabupaten HSU berjumlah 160.780 pemilih, pemilih laki-laki ada 78.979 orang, dan pemilih perempuan 81.801 orang tersebar di 10 kecamatan, 219 desa/kelurahan, dan 747 TPS.

Ketua KPU HSU Rina Meisaputri mengatakan, pihaknya telah melaksanakan tugas dengan baik sehingga mendapatkan data pemilih hasil perbaikan tahap 2. Tahapan demi tahapan telah dilalui, dari 7 Nopember sampai dengan sekarang, telah beberapa kali diadakan rapat pleno terbuka mulai tingkat desa, tingkat kecamatan hingga di kabupaten.

Untuk dapat mengetahui data akurat KPU HSU sendiri melakukan singkronisasi data dengan partai politik peserta Pemilu 2019 dan Bawaslu HSU.

Sementara itu, Komisioner KPU Kalsel Sarmuji, dari divisi teknis mengatakan, dijadwalkan serentak di seluruh Indonesia untuk menyampaikan rekapitulasi dan penetapan DPTHP-2 tingkat kabupaten/kota Pemilu 2019. “KPU pusat sampai ke bawah berupaya melakukan penyisiran terhadap perbaikan data ini, sehingga diharapkan dari data-data yang didapat tidak menimbulkan lagi permasalahan. Mudah-mudahan data yang didapatkan pada hari ini tidak ada lagi permasalahan,” harapnya.

Ia menambahkan, KPU Kalsel akan menambah jumlah anggota PPK sebanyak 2 orang, yang dulunya berjumlah 3 orang menjadi 5 orang, tapi PPK tidak membuka pendaftaran baru.

“Karena KPU hanya akan mengambil anggota PPK baru dari pendaftar yang dulu tidak lulus untuk diadakan tes kembali sebagai anggota PPK tambahan,” pungkasnya. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!