Dari Darat Hingga Menyusur Sungai, Cara Pustling Dekatkan Buku ke Pelosok - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

Dari Darat Hingga Menyusur Sungai, Cara Pustling Dekatkan Buku ke Pelosok

Diterbitkan

pada

Mengunjungi pelosok sekolah di Tanah Bumbu. Foto : dispersip kalsel

Jarak tidak akan pernah menjadi halangan bagi siapa saja yang bertekad agar orang-orang yang jauh dari akses buku tetap bisa menggenggam dan membeca sebuah buku. Pun juga berbagai kendala pasti bisa diatasi jika semuanya didasari dengan niat yang besar.

Seperti yang dilakukan Perpustkaan Keliling (Putsling) Dinas Perpustkaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel di wilayah pesisir Tanah Bumbu. Tidak seperti biasanya, Pustling yang biasanya mendatngi dari satu tempat ke tempat lain menggunkan transportasi roda empat, kali ini berganti menjadi transportasi air.

Ya, kali ini Dispersip Kalsel menggunakan kelotok untuk mengangkut buku-buku yang akan dibawa mengunjungi TK Tunas Bangsa, SDN 1 Satiung Sarimura, dan SMPN 6 Kusan Hilir. Sekolah-sekolah terpencil yang berada di Kabupaten Tanahbumbu itu hanya bisa dicapai dengan menggunakan perahu bermotor.

Salah satu guru dari sekolah yang dikunjungi menyampai rasa senangnya kepada Dispersip Kalsel. Mereka merasa sangat senang karena ini merupakan kali ke dua pustling mengunjungi sekolah mereka. Anak-anak yang mendengar kabar ini pun begitu bersemangat, sampai-sampai mereka membuat bendera kecil dari kertas yang diwarnai sebagai tanda penyambutan selamat datang untuk pustling. Harapannya, semoga tahun  depan pustling bisa kembali mengunjungi sekolah mereka. Buku-buku yang dibawa oleh pustling ini disusun rapi di dalam sebuah kerenjang berwarna biru dan dileatakkan rapi di atas kelotok.

“Luar biasa terharunya. Ini semua kami lakukan dalam rangka secepatnya melaksanakan prioritas Kalsel cerdas menuju visi dan misi Kalsel mapan,” ucap Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie. (mario)

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan