BI Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah di Kalsel - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

BI Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah di Kalsel

Diterbitkan

pada

Perwakilan BI Wilayah Kalsel bersama santri Ponpes Islahul Aulad saat melakukan pelatihan wirausaha untuk kemandirian umat Foto : Arief Rahman

BANJARMASIN, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Kalsel Herawanto menegaskan komitmen BI untuk bisa mendorong pemberdayaan ekonomi dan keuangan syariah agar makin berkembang di Banua ke depannya. Salah satu bentuk nyatanya, adalah dengan menggelar berbagai kegiatan berupa sosialisasi dan diskusi terkait ekonomi dan keuangan syariah untuk makin memasyarakatkan konsep ekonomi syariah di Banua melalui even syariah week.

“Rangkaian pertama kegiatan Syariah Week yang sudah dilaksanakan adalah kita menggelar diskusi Praktisi Ekonomi Syariah dengan tema potensi dan tantangan pengembangan ekonomi syariah di Kalsel. Dalam kesempatan tersebut kami meminta dukungan pada steakhloders terkait untuk membuat sebuah Road Map Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Kalsel,” ucapnya, Jumat (26/10).

Kemudian kegiatan Syariah Week kedua yang juga sudah dilaksanakan adalah ToT Manajemen, Zakat, Infaq, dan Sodaqoh untuk memperkuat kapabilitas di bidang zakat, infaq, dan sodaqoh bagi para akademisi, pelaku usaha, dan praktisi ekonomi syariah lainnya.

“Lalu kami juga menggelar kegiatan Pelatihan Kemandirian Ekonomi di Ponpes Islahul Aulad. Pelatihan ditekankan pada pemberdayaan potensi ekonomi yang ada di Ponpes yaitu teknik penggilingan padi organik, pembesaran ikan, dan pendayagunaan lahan untuk penanaman dengan polybag. Adapun Tujuan akhir kegiatan ini adalah menciptakan model kemandirian ekonomi di Ponpes sekaligus memperkuatkan jiwa kewirausahaan warganya,” tambahnya.

Selain tiga kegiatan tersebut, event Syariah Week juga berencana menggelar International Youth Conference bekerjasama dengan ASEAN Muslim Students Association (AMSA) pada tanggal 30 – 31 Oktber 2018 mendatang. BI Kalsel bertindak sebagai pembicara dengan tema generasi muda dalam mendorong ekonomi syariah. Kegiatan ini akan dihadiri pula oleh delegasi dari beberapa negara antara lain Malaysia, Thailand, dan Filipina. Kegiatan ini merupakan strategi pengembangan ekonomi syariah melalui pendekatan kepada organisasi kepemudaan.

“Semua kegiatan tersebut merupakan pengaplikasian strategi pengembangan ekonomi syariah oleh BI Kalsel yg dilakukan secara komprehensif dan integratif. Kami berharap berbagai event tadi bisa mendorong ekomomi dan keuangan syariah di Kalsel bisa tumbuh dan berkembang di masa depan sebagai salah satu ekonomi alternatif di Banua,” pungkasnya.(arief)

Reporter : Arief
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan