Connect with us

VOA

Berlian “Pink Legacy” Terjual dengan Harga Rekor 737 Miliar Rupiah

Diterbitkan

pada

Text : Seorang staf balai lelang Christie menunjukkan Berlian Merah Muda18,96 karat di Jenewa, 8 November 2018. Foto: reuters

Pink Legacy, berlian dengan berat hampir 19 karat, dibeli oleh perusahaan perhiasan Harry Winston dengan harga rekor 50,375 juta francs Swiss ($50 juta) atau 737,9 miliar rupiah, menurut balai Christie pada Selasa (13/11).

Harry Winston, yang dimiliki oleh Swatch, saat ini dipimpin oleh CEO Nayla Hayek. Nayla ada putri pendiri Swatch, Nicolas Hayek. Setelah membeli berlian berwarna merah muda itu, Nayla mengganti nama berlian tersebut menjadi “The Winston Pink Legacy,” yang menambah koleksi perhiasan langka perusahaan tersebut, kata Christie’s seperti dilaporkan Reuters.

Christi’s di Jenewa berhasil mengantongi $110 juta dari penjualan perhiasan tengah tahunnya. Sebanyak 86 persen perhiasan yang ditawarkan berhasil mendapatkan pemilik baru, termasuk 11 perhiasan yang menambah pundi-pundi Christie sebanyak lebih dari $1 juta, kata Francois Curiel, kepala balai lelang Christie kepada Reuters.

“The Pink Legacy terjual dengan harga yang sangat tinggi, yaitu $50 juta. Jadi, $2,6 juta per karat merupakan rekor harga dunia untuk berlian merah muda,” kata Curiel, yang juga merupakan seorang ahli berlian. “Batu ini untuk saya adalah Leonardo Da Vinci-nya berlian, saya rasa tidak ada yang lebih baik dari ini.”

Dinilai “vivid”, penilaian tertinggi untuk sebuah berlian merah muda, permata ini murni dengan potongan persegi panjang dan dipasang pada sebuah cincin platinum.

Berlian “Pink Legacy” sebelumnya dimiliki oleh Keluarga Oppenheimer, yang membangun De Beers menjadi pedagang berlian terbesar di dunia. Harga perkiraan awal berlian tersebut adalah $30 hingga $50 juta. Identitas penjual tidak diungkap. [vp/ft/VOA]

Reporetr:Vv/Ft/Voa
Editor:Voa

Bagikan berita ini!