Connect with us

Pendidikan

Ayo, Liburan Gratis ke Perpustakaan Anak Palnam

Diterbitkan

pada

Perpustakaan anak Palnam Banjarmasin. Foto : dispersip kalsel

BANJARMASIN, Ingin membiasakan anak senang membaca? Ayo ajak balita ke Perpustakaan Anak (Kids Library) Palnam. Berbeda dengan perpustakaan pada umumnya, di sini selain nyaman dan menyenangkan anak-anak bisa memilih buku favorit sambil bermain.

Dulu, perpustakaan identik dengan ruang tertutup penuh rak-rak buku yang berjejer kaku. Pengunjungnya harus tenang, nggak boleh cekikikan. Petugas bakal menyuruh duduk rapi membaca di kursi, nggak boleh seenaknya selonjoran di lantai. Sekarang, lebih banyak usaha untuk makin mendekatkan anak-anak dengan buku-buku. Salah satu caranya adalah menyediakan ruang membaca yang nyaman dengan berbagai fasilitas menarik.

Di Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel, perpustakaan dirancang khusus anak usia sekolah dan adik-adik balita. Selain koleksinya yang sangat variatif, suasana perpustakaan juga nggak kalah keren dan menyenangkan dari playground!.

Begitu memasuki gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel, Anda akan disambut sederetan permainan anak serta ornament warna warni. Setelah itu silakan mendaftar. Tidak ada biaya masuk, orang tua hanya wajib mengisi buku daftar tamu dan menyerahkan KTP.

Suasana perpustakaan anak ini terlihat seperti taman bermain. Banyak bangku dan meja kecil warna-warni, susunan buku-buku, dan seperangkat mainan edukasi yang lengkap. Anak-anak dengan bebas memilih buku yang ingin dibaca. Tak perlu bingung memilih, ada petugas perpustakaan yang bisa membantu menemukan buku idaman. Suasana membaca pun santai. Jika tidak mau sambil duduk, si kecil boleh membaca sambil tiduran karena lantai beralaskan karpet. Asik!

Di sini juga tersedia berbagai fasilitas yang ramah anak. Mulai dari koleksi buku, ruang membaca yang nyaman, koleksi permainan edukatif (seperti balok dan puzzle) sampai ruang bermain yang super luas! Ssst, jangan lupa ingatkan anak untuk mengembalikan mainan ke tempatnya, ya, Ma!.

Ini karena tampilan baru ruang perpustakaan anak itu sangat cantik dan menarik.

Berdinding kaca dengan aneka properti bernuansa anak-anak, cat dinding yang sejuk di mata, serta ornamen memikat. Asyiknya lagi, lantai ruangan sengaja dibuat bertekstur dengan gunduk-gundukan anak yang berfungsi melatih kemampuan sensorik anak.

Lelah bermain? Nikmati koleksi buku yang sangat beragam. Mulai dari buku pelajaran, ensiklopedia, hingga buku cerita. Tidak hanya bahasa Indonesia, buku-buku ini juga banyak yang berbahasa Inggris. Kualitasnya pun masih bagus dengan sampul yang rapi.
Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie mengatakan, layanan kids library Palnam memang baru saja selesai dibangun.

“Mari saling kerjasama demi kenyamanan bersama dan bermanfaat bagi kita semua, khususnya anak-anak,” ujarnya. (bie)


Reporter: Bie
Editor: KK

Bagikan berita ini!
  • 26
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    26
    Shares
-->