Connect with us

HEADLINE

APBD 2023 Disahkan, Ketua DPRD Banjarbaru: Rp 70 Miliar untuk Penanganan Banjir


Mulai Pembuatan Embung, Normalisasi Sungai hingga Drainase


Diterbitkan

pada

DPRD Banjarbaru mengesahkan APBD tahun anggaran 2023 dalam rapat paripurna di ruang graha paripurna DPRD Banjarbaru, Selasa (22/11/2022) sore. Foto: prokopim

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – DPRD Banjarbaru mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2023 dalam rapat paripurna di ruang graha paripurna DPRD Banjarbaru, Selasa (22/11/2022) sore.

Ketua DPRD Banjarbaru, Fadliansyah Akbar mengatakan, terjadi peningkatan APBD 2023 jika dibandingkan dengan tahun anggaran 2022. Salah satu peningkatan terlihat pada pendapatan transfer dari pemerintah pusat.

Fadliansyah mengatakan, di tahun anggaran 2023 Pemko Banjarbaru fokus pada penanganan banjir.

“Kita alokasikan sekitar Rp 70 miliar, diantaranya dari pembuatan embung di Cempaka, normalisasi sungai-sungai, pembuatan drainase di Banjarbaru, dan mitigasi bencana,” ujar Ketua Fadliansyah.



 

 

Baca juga: Wakil Rakyat Dapil IV Kapuas Ini Apresiasi Pembentukan PATBM dan Puspaga Desa Pulau Telo

Ia menyebut prioritas penanganan banjir di kawasan yang sering langganan banjir, seperti di Kecamatan Cempaka.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin mengatakan, mitigasi banjir diprioritaskan dalam penganggaran pada APBD tahun anggaran 2023. Aditya mengatakan, mitigasi banjir menjadi perhatian khusus Pemko Banjarbaru di tahun mendatang.

“Walau kami akui, nilai sebesar itu belum bisa maksimal untuk mencegah banjir. Tapi paling tidak, kita sudah berbuat dan melaksanakan,” ujarnya.

Data yang diperoleh Kanalkalimantan.com, pendapatan daerah dalam APBD 2023 diproyeksikan sebesar Rp 1,241 triliun. Terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 308,565 miliar dan pendapatan transfer sebesar Rp 932,84 miliar.

Belanja daerah diproyeksikan sebesar Rp 1,266 triliun. Dengan Rincian belanja operasi sebesar Rp 1,044 miliar, belanja modal sebesar Rp 217,506 miliar, dan belanja tidak terduga Rp 5,071 miliar.

Baca juga: Wakil Rakyat Dapil IV Kapuas Ini Apresiasi Pembentukan PATBM dan Puspaga Desa Pulau Telo

Serta pembiayaan daerah sebesar Rp 25 miliar, dengan rincian penerimaan pembiayaan sebesar Rp 60,204 miliar dan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 34,879 miliar. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->