Connect with us

Kota Banjarbaru

Ada Si Septik Manja, Belajar di Atas Septic Tank Kenapa Tidak?

Diterbitkan

pada

Walikota Banjarbaru saat meresmikan Si Septik Manja di Kampung Pelangi Foto: rico

BANJARBARU, Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani meresmikan Tangki Septik Skala Komunal di 17 Kelurahan Kota Banjarbaru yang dikelola Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang Kota Banjarbaru bekerjasama dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Diberi nama Si Septik Manja (Fungsi Tangki Septik Selain Tempat Limbah Tinja), peresmian ini dipusatkan di Kampung Pelangi, Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Selatan, Selasa (22/1) yang merupakan salah satu kawasan wisata kota Banjarbaru. Turut hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarbaru, camat serta lurah se-Kota Banjarbaru dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani menyampaikan, tangki septik ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kota Banjarbaru melalui upaya pengelolaan sanitasi yang benar sehingga dapat menghindarkan dari berbagai ancaman penyakit. Fungsinya sendiri tidak hanya untuk menampung kotoran saja. Tapi bisa di fungsikan untuk yang lain, seperti perpustakaan, taman baca dan ruang terbuka untuk skala keluarga

“Ini merupakan inovasi yang dikembangkan masyarakat dan di atasnya dapat dimanfaatkan sebagai perpustakaan, taman bacaan, tempat diskusi dan juga kegiatan fositif lainnya, ” ungkapnya.

Untuk diketahui Tangki septik skala komunal ini dapat menampung 3 sampai 5 kepala keluarga. Dari data Dinas PUPR Kota Banjarbaru hingga tahun 2019 ini sudah ada 162 Si Septic Manja yang di bangun di 17 Kelurahan di Kota Banjarbaru. Ditambah 60 unit di tiga Kecamatan, pada tahun sebelumnya. Selain itu juga ada 220 tangki septik skala komunal sejak tahun 2017, yang mampu menampung hingga 4.400 keluarga.

Nadjmi berharap, dengan adanya septic tank komunal ini, kedepan persoalan kawasan kumuh dan sanitasi dapat diatasi dengan baik di Kota Banjarbaru. Sehingga, kehidupan dan kesehatan masyarakat bisa meningkat.”Semoga persoalan kawasan kumuh dan sanitasi di Banjarbaru dapat diatasi, ”pungkasnya. (Rico)

Reporter:Rico
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares