Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

128 Siswa Ikut Seleksi Paskibraka 2021 Kabupaten HSU

Diterbitkan

pada

Seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021 Kabupaten HSU. Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Sedikitnya 128 siswa tingkat SMA sederajat dari 28 sekolah di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021. Seleksi digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSU.

Anggota Paskibraka yang terpilih akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten HSU pada 17 Agustus 2021.

Adapun pemusatan latihan dan seleksi dilaksanakan di Lapangan Pahlawan Amuntai.

“Dari seluruh peserta seleksi tahap awal sebanyak 128 orang ini nantinya akan dipilih sebanyak 40 orang, yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Mereka ini yang nantinya akan bertugas dalam pengibaran bendera Merah Putih di Kabupaten HSU,” kata Nazaruddin, Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Kabupaten HSU, Selasa (16/3/2021).

 

Seleksi anggota Paskibraka ini, kata Nazaruddin, bertujuan untuk transparansi antara sekolah dengan Disporapar Kabupaten HSU sebelum dilakukan seleksi untuk para calon Paskibraka ini, selain itu Disporapar sudah melakukan sosialisasi dan pembinaan teknis kepada sekolah-sekolah yang ada di HSU.

Adapun pada seleksi awal seluruh peserta menghadapi tahapan seleksi yang sangat ketat diantaranya harus memenuhi syarat tinggi, berat badan dan postur tubuh ideal. Tidak kalah pentingnya adalah harus menguasai gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan terakhir akan dilakukan psikotes/tes wawancara.

“Selama pelaksanaan seleksi, para calon anggota Paskibraka 2021 ini dipandu oleh TNI dan Polri dari Kodim 1001 Amuntai-Balangan dan Polres Amuntai, serta ada juga panitia dari purna paskibraka yang membantu terlaksananya seleksi ini,” kata Nazaruddin

Dirinya mengharapkan dari pelaksanaan seleksi ini dapat menghasilkan pasukan yang solid, bermental yang baik, berdisplin tinggi, memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme terhadap pengibaran bendera merah putih.

“Semoga seleksi ini berjalan dengan lancar dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter: dew
Editor : bie


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->