320 Jukung Pasar Terapung Masuk Rekor Muri - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

320 Jukung Pasar Terapung Masuk Rekor Muri

Diterbitkan

pada

Rekor muri dengan jumlah perahu jukung terbanyak di Sungai Martapura gelaran Polda Kalsel. Foto : ammar

BANJARMASIN, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan merayakan Dirgahayu Kepolisian Republik Indonesia ke-72, mengadakan acara pengumpulan jukung terbanyak di Sungai Martapura tepatnya Siring Menara Pandang Banjarmasin, Minggu (1/7).

Dalam acara kumpul jukung alias perahu terbannyak di depan siring Menara Pandang dipenuhi oleh para ibu-ibu pengayuh jukung yang dihiasi dengan kain putih dan merah di jukungnya.

Marsitah, salah seorang pengayuh jukung dari Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk Kabupate Banjar mengatakan, acara tersebut merupakan acara pengumpulan jukung yang terbanyak berasal dari kampungnya di Lok Baintan. Parade jukung merah putih ini hasil arahan Polda Kalsel.

“Semua dari kampung saya yang sering jualan di pasar terapung diarahkan untuk ikut acara ini,” ungkapnya.

Kapolda Kalsel Brigjend Pol Rachmat Mulyana mengatakan, acara tersebut selain memperingati Dirgahayu Polri ke-72, juga momentun yang bersejarah pencatatan rekor muri dengan jukung terbanyak.

“Saya berinsiasi untuk rekor muri jukung pasar terapung terbanyak,” ujarnya

Ditambahkan Kapolda, sebanyak 320 buah jukung hadir ikut merayakan HUT Polri ke-72 sebagai bentuk apresiasi Polda Kalsel kepada kebudayaan Kalsel khususnya budaya sungai yang lekat dengan ikon kota Banjarmasin.

Wakil Ketua Rekor Muri Indonesia Osmar Sapta mengatakan, hal yang seperti sungguhlah menarik, karena pemecahan rekor muri tersebut mengangkat kearifan lokal yang menjadi identitas atau iconik dari daerah ini.

“Ini menarik sekali, Polda Kalsel melalui rekor muri jukung pasar terapung terbanyak se Indonesia bahkan di dunia,” ungkapnya.

Ditambakannya bahwa rekor muri indonesia dapat menilai suatu kegiatan dari aspek inovasi, apa yang bisa diukur, unik dan langka. Untuk saat ini merupakan yang bisa diukur yaitu terbanyak. (ammar)

Reporter: Ammar
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan