10 Ha Lahan Terbakar di Pengayuan Liang Anggang - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

10 Ha Lahan Terbakar di Pengayuan Liang Anggang

Diterbitkan

pada

Kebakaran lahan di Pengayuan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru. Foto : Landu for Kanal Kalimantan

BANJARBARU, Titik api kembali muncul di daerah Pengayuan, Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Senin (30/7), api mulai terjadi sekitar pukul 17.00 Wita hingga pukul 21.00 Wita. Dari infomasi yang didapat, api yang berkobar hampir mendekati pemukiman warga.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya SIK MH, didampingi Kapolsek Banjarbaru Kota Kompol H Syaiful Bob, Kasat Intelkam Polres Banjarbaru AKP Tatang Suryawan, Kasat Reskrim Polres Banjarbaru AKP Sudarno SH, langsung melakukan pemantauan kebakaran hutan dan lahan.

Kurang lebih 10 hektare lahan terbakar. Api berkobar dari pukul 17.00 Wita dan berhasil dipadamkan oleh personil gabungan dari Landu, BPK dan Polres Banjarbaru.

“Untuk saat ini api sudah berangsur padam, sedangkan untuk tindakan selanjutnya saya perintahkan 2 tim penanggulangan Karhutla Polres Banjarbaru stand-by di TKP,” ucap AKBP Kelana Jaya.

Sekadar diketahui saja, daerah Pengayuan, Liang Anggang memang kerap kali menjadi langganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah kota Banjarbaru. Sebelumnya, pada pekan lalu Senin (23/7) pukul 10.00 Wita, asap pekat menyelimuti kawasan rawa pohon galam tersebut. Api bahkan mengepung pemukiman warga hingga bahu jalan raya. Diperkirakan, kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Pengayuan itu sekitar 5 hektare.

Dugaan munculnya api sendiri karena adanya pihak yang melakukan pembakaran secara sengaja, AKBP Kelana Jaya menghimbau kepada masyarakat bahwa ada hukuman uang terhadap pelaku Karthula dan meminta kepada masyarakat untuk melapor jika adanya muncul titik api di kota Banjarbaru.

“Saya menghimbau kepada masyarakat sekitar agar segera menginformasikan dan peduli terhadap Karhutla,” pungkasnya. (rico)

Reporter:Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan