Connect with us

Kota Banjarmasin

Kaji Pelanggaran Etik, KPU Kalsel Panggil Ketua KPU Banjarmasin Terkait Kasus Asusila

Diterbitkan

pada

KPU akan panggil GM terkait kasus dugaan pencabulan Foto : dok kanal

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Menyikapi penyidikan kasus dugaan pelecehan seksual yang menyeret GM yang diketahui menjabat sebagai Ketua KPU Kota Banjarmasin, KPU Provinsi Kalsel berencana akan melakukan pemanggilan. Tujuannya, untuk mendengar klarifikasi dari GM terkait kasus yang menimpanya.

Kepada Kanalkalimantan.com pada Jumat (17/1/2020) siang, Komisioner KPU Provinsi Kalsel Edy Ariansyah membenarkan, pihaknya akan melakukan pemanggilan pada Selasa (20/1/2020) mendatang, guna mendengarkan klarifikasi dari yang bersangkutan ataupun pihak-pihak terkait.

“Sudah dibahas dalam pleno dan telah diagendakan untuk melakukan klarifikasi. Insyaa Allah (nanti) Selasa pekan depan ini. Selain itu, kita akan menelusuri, juga melakukan klarifikasi kepada pihak-pihak terkait,” kata Edy.

Hasil klarifikasi dan penelusuran akan disimpulkan dan diputuskan dalam pleno. “Jika terdapat dugaan pelanggaran kode etik, perilaku, sumpah atau janji penyelenggara pemilu maka kita akan meneruskan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),” tambah Edy.



Menurut Edy, hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk pengawasan KPU Provinsi Kalsel kepada KPU kabupaten dan kota yang telah diatur pada PKPU nomor 8 tahun 2019. Klarifikasi sendiri, bukan berdasarkan laporan dari masyarakat, melainkan berdasarkan informasi dari berita yang telah beredar dalam kurun waktu beberapa waktu terakhir ini.

“Dilakukan klarifikasi berdasarkan informasi dari berita berbagai media massa. Seluruh hasil klarifikasi nanti akan dilaporkan kepada KPU,” tandas Edy. (kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Chell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->