Connect with us

Kabupaten Banjar

Tanam Perdana Peremajaan Sawit Rakyat, Bupati Saidi Serahkan STDB

Diterbitkan

pada

Penyerahan secara simbolis STDB usaha perkebunan dari Pemkab Banjar kepada Ketua Gapoktan Ngudi Rahayu dan Maju Bersama. Foto: mcbanjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Perkebunan kelapa sawit mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dengan memproduksi lebih dari 146 jenis produk hilir yaitu produk pangan, produk industri dan produk energi.

Kelapa sawit merupakan komoditas yang selalu diperlukan baik oleh masyarakat Indonesia maupun dunia.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi saat tanam perdana kelapa sawit program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Sumber Sari, Kecamatan Cintapuri Darussalam, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (3/8/2022) siang.

PSR merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan kelapa sawit, dengan menjaga luasan lahan, agar perkebunan kelapa sawit dapat dimanfaatkan secara optimal.

 

Baca juga  : Jalin Sinergi, Dandim 1022/Tnb Letkol Aldin Hadi Silaturahmi ke Mapolres Tanbu

Selain itu, sebagai bentuk dukungan Pemkab Banjar dalam menjaga keberlangsungan pendapatan petani sawit dimasa depan. Dan menjaga keberlanjutan sawit sebagai komoditas strategis penting bagi perekonomian daerah dan nasional.

Dikatakan Bupati Saidi Mansyur, program PSR di Kabupaten Banjar saat ini sudah berjalan tiga tahun dengan areal seluas 466,45 hektare. Terdiri atas dua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), yaitu Gapoktan Ngudi Rahayu seluas 172,45 hektare dan Gapoktan Maju Bersama seluas 104,5 hektare, serta satu koperasi yaitu KUD Ikhlas Membangun seluas 189 hektare.

Saidi Mansyur menyebut tahun 2022 ini, Kementerian Pertanian RI menargetkan penerbitan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) sebanyak 20 ribu pekebun di 16 provinsi termasuk Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah Kabupaten Banjar tahun 2022 ini bisa menerbitkan sebanyak 208 STDB dari target 200 STDB yang akan kita serahkan secara simbolis pada hari ini,” sebutnya.

 

Baca juga  : Tahapan Pemilu Dimulai, KPU Banjar Bertemu Bupati Banjar

Ia berharap produktifitas sawit semakin meningkat dan membawa kesejahteraan bagi para pekebun sawit di Kabupaten Banjar.

Pada kesempatan tersebut dilakukan tanam perdana sawit oleh Bupati dan Wabup, sekaligus penyerahan secara simbolis STDB usaha perkebunan dari Pemkab Banjar kepada Ketua Gapoktan Ngudi Rahayu dan Maju Bersama. (Kanalkalimantan.com/rls)

Reporter : rls
Editor : kk


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->